Dongkrak Produktivitas Susu Kambing dengan Pakan Alternatif Ini!

Ternak Kambing

Pemberian pakan alternatif umum sekali dilaksanakan untuk mendongkrak produksi susu kambing supaya lebih banyak dan berkualitas. Bahan-bahan alternatif ini umumnya mudah untuk dijumpai di lingkungan. Nah, berikut ini beberapa pakan alternatif kambing yang memengaruhi produksi susu kambing.

Daun Orok-orok

Daun orok-orok mempunyai nama latin yaitu Clotalaria Usaromensis yang bermanfaat untuk mendongkrak produktivitas susu kambing sampai sebanyak 3,4 liter susu per hari. Orok-orok mengandung protein yang tinggi mencapai 25 persen. Dan bahkan, salah satu jenis daun orok-orok, yaitu geger sore dengan kandungan protein sebanyak 27%.

Untuk cara pemberian daun orok-orok, yaitu mencampurnya dengan bahan konsentrat. Orok-orok cukup gampang ditemui karena murah dan gampang tumbuh terlebih lagi ketika musim kering.

Daun Pepaya

Daun pepaya bisa diolah menjadi seperti biskuit supaya pakan tahan lebih lama. Pakan biskuit dari daun pepaya ini bisa diberikan pada pagi hari dan sore hari sebanyak 2—3 buah yang dicampurkan dengan konsentrat.

Baca Juga:
Mengenal Bahan Baku Pakan Ternak yang Berkualitas, Apa Itu?
Memanfaatkan Kotoran Sapi Untuk Pembuatan Bioarang, Mau Tau!
Berkebun Metode Urban Farming, Coba Gunakan Ini Untuk Wadahnya

Manfaat pakan ini yaitu bisa meningkatkan produktivitas susu kambing sebanyak 40%. Bukan hanya itu, pakan ini juga bisa meningkatkan kualitas susu, kandungan lemak dalam susu juga akan meningkat sampai dengan 99% dari yang semula hanya 3,18% menjadi 6,34%.

Daun Katuk

Daun katuk dicampur dengan molase atau tetes tebu untuk dibentuk menjadi wafer. Wafer yang terbuat dari 1 kg daun katuk dan 1 kg tetes tebu cukup untuk pakan 20 ekor kambing. Wafer dari daun katuk mampu meningkatkan rasa dan aroma susu yang dihasilkan menjadi lebih gurih dan bebas dari bau prengus khas kambing.

Buah Pepaya Muda dan Umbi Singkong

Cacahan buah pepaya muda dan umbi singkong sangat baik untuk meningkatkan produksi susu kambing. Pepaya dan umbi singkong sangat gampang untuk ditemukan jadi pakan ini bisa menekan biaya pembelian pakan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Daun Jambu, Nangka, dan Mangga

Peternak kambing di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Agus Susanto, memberikan pakan ternaknya yang terbuat dari campuran daun jambu, nangka, dan mangga ketika siang hari. Dari perawatan yang diterapkan olehnya, Agus rata-rata memperoleh 0,6—3 liter susu per ekor setiap harinya. Pemerahan susu dilaksanakan sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi hari dan sore hari.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Dongkrak Produktivitas Susu Kambing dengan Pakan Alternatif Ini!” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in distributor karung beras, karung, karung beras, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s