Mengenal Bahan Baku Pakan Ternak yang Berkualitas, Apa Itu?

Dedak dan Bekatul

Dedak dan bekatul merupakan bahan yang sama-sama dari hasil penggilingan padi. Kedua bahan tersebut sama-sama sering dipakai sebagai bahan baku pakan ternak. Akan tetapi, tidak semua orang memahami kandungan kedua bahan ini untuk pakan ternak.

Hasil dari penggilingan padi sendiri tidak hanya berupa beras. Beras merupakan hasil utama penggilingan padi, yakni sebanyak 65%. Bukan hanya itu, hasil penggilingan juga menghasilkan limbah berupa 23% sekam, 10% dedak dan bekatul, kemudian sisanya berupa kotoran.

Dedak padi dalam bahasa Inggris disebut sebagai rice bran. Dedak ini terdiri atas lapisan luar butiran padi dan juga lembaga biji. Bekatul disebut sebagai rice polish yang merupakan lapisan sebelah dalam dari butiran padi dan termasuk bagian dari endosperm yang berpati.

Perbedaan mencolok diantara kedua jenis limbah hasil dari penggilingan ini yaitu dedak diperoleh dari penyosohan padi yang pertama. Sementara, bekatul diperoleh dari tahapan penyosohan padi yang kedua.3

Baca Juga:
Memanfaatkan Kotoran Sapi Untuk Pembuatan Bioarang, Mau Tau!
Berkebun Metode Urban Farming, Coba Gunakan Ini Untuk Wadahnya
Digemari Para Petani dan Masyarakat, Ternyata Ini Sebabnya!

Dedak dan bekatul ini umumnya tak dibedakan dan menjadi satu. Anda bisa membeli keduanya sekaligus sebagai ‘dedak’ atau sebagai ‘bekatul’. Hal tersebut bukanlah masalah karena keduanya bisa dipakai sebagai pakan ternak bernutrisi yang baik bagi pertumbuhan hewan.

Adapun persamaan antara dedak dan bekatul juga bisa dilihat dari kandungan nutrisinya. Kedua jenis pakan ini sendiri sebetulnya mempunyai kandungan gizi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras.

Dedak mengandung karbohidrat yang terdiri atas hemiselulosa, selulosa, pati, dan betaglukan. Keduanya sama-sama mengandung asam lemak yang diperlukan oleh tubuh, yakni palmitat, oleat, dan linoleat.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Minyak dedak mentah mengandung sekitar 3%—4% wax dan 4% lipid yang tak tersaponikasi. Sementara itu, dedak dan bekatul juga mengandung anti-oksidan berupa oryzanol dan vitamin E. Keduanya juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks.

Bukan hanya itu, dedak dan bekatul juga mengandung cukup banyak mineral esensial. Mineral tersebut antara lain zat besi, aluminium, magnesium, kalium, mangan, fosfor, dan seng. Diantara dedak dan bekatul mempunyai komposisi kandungan yang sama meskipun persentase setiap kandungannya berbeda.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Mengenal Bahan Baku Pakan Ternak yang Berkualitas, Apa Itu?” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in distributor karung beras, karung, karung beras, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s