Memanfaatkan Kotoran Sapi Untuk Pembuatan Bioarang, Mau Tau!

Bioarang

Bioarang menjadi salah satu cara pemanfaatan kotoran sapi yang cukup efektif. Bioarang sendiri adalah arang yang diperoleh dari pembakaran biomassa kering dengan sistem tanpa udara. Kotoran sapi adalah salah satu bahan bakar dalam pembuatan bioarang. Anda juga dapat membuat bioarang dari bahan organik berupa sisa tumbuhan dan hewan lain.

Pemanfaatan kotoran sapi menjadi bioarang dapat mengurangi pencemaran yang dihasilkan oleh kotoran ternak. Selain itu, ada banyak keunggulan bioarang ini dibandingkan dengan arang kebanyakan.

Keunggulan dari segi bentuk dan ukuran, bioarang memiliki bentuk dan ukuran yang seragam. Hal ini karena proses pembuatannya dengan cara dicetak sehingga hasilnya pun serupa. Penampilan bioarang juga lebih menarik pembeli.

Dari segi panas yang dihasilkan, bioarang memiliki panas hasil pembakaran yang lebih tinggi. Selain itu, asap yang dihasilkan justru lebih sedikit. Terakhir, proses pembuatan bioarang dari kotoran sapi juga lebih ramah lingkungan.

Pembuatan bioarang dilakukan dengan dua garis besar, yakni pembuatan briket dan pengarangan. Tahapan pertama dilakukan dengan menggumpulkan bahan baku terlebih dahulu, yakni berupa kotoran sapi ternak.

Baca Juga:
Berkebun Metode Urban Farming, Coba Gunakan Ini Untuk Wadahnya
Digemari Para Petani dan Masyarakat, Ternyata Ini Sebabnya!
Jangan Dibuang, 3 Bahan Ini Bisa Digunakan Untuk Nutrisi Hidroponik Lohh!

Masukkan kotoran sapi ternak ke corong hingga penuh. Corong ini terbuat dari seng atau plastik. Alat yang digunakan untuk membuat briket memiliki tuas atau pedal. Tekan tuas ini hingga ke bagian bawah. Tarik penarik bahan dan kembalikan ke posisi pemula. Kotoran pun akan tercetak dengan sempurna dan menjadi briket padat.

Tahapan berikutnya adalah pengarangan briket menjadi bioarang. Pada tahap ini, pengarangan dilakukan secara pirolisis, yakni pemanasan menggunakan sistem tanpa udara. Briket dibakar dalam alat pemanas dengan langkah-langkah berikut.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Briket dimasukkan ke alat pemanas dengan cara disusun merata. Penyusunan ini dilakukan agar panas yang didapatkan dapat merata. Alat pemanas diletakkan di atas pembakar kompor atau tungku.

Nyalakan tungku hingga asap mengepul semakin banyak hingga asapnya habis. Buka pemanas dan semprot air pada briket yang masih membara. Briket yang sudah menjadi arang kemudian dikeringkan.

Selain bioarang, kotoran sapi juga dapat dimanfaatkan menjadi produk komersil lain. Anda dapat menemukan proses pembuatan produk ini pada buku Panduan Lengkap Sapi Potong yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Memanfaatkan Kotoran Sapi Untuk Pembuatan Bioarang, Mau Tau!” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in karung beras, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s