Digemari Para Petani dan Masyarakat, Ternyata Ini Sebabnya!

Ciri Ciri Tanaman Kacang Hijau

Diantara salah satu varietas kacang hijau yang banyak dibudidayakan yaitu kacang hijau vima. Varietas kacang hijau ini mempunyai banyak keunggulan sehingga menjadi favorit banyak petani kacang hijau.

Varietas vima dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian atau Balitbangtan sejak beberapa tahun terakhir. Adapun keunggulannya yaitu kacang hijau vima mampu berumur genjah dan polongnya bisa matang secara bersamaan. Tak heran apabila seiring berjalannya waktu, permintaan akan kacang hijau ini terus meningkat.

Seperti yang sudah diketahui, kacang hijau dengan dua karakter unggul tersebut sangat digemari. Kacang hijau yang genjah disertai dengan polong yang masak serempak mempunyai perawatan yang lebih gampang ketimbang kacang hijau yang tak mempunyai sifat tersebut.

Tak hanya mudah dalam perawatannya, biaya tenaga kerja yang dikeluarkan juga akan lebih sedikit. Dengan demikian para pekerja tersebut tak harus melaksanakan panen berkali-kali. Sebagai perbandingan, kacang hijau lokal lainnya bisa mengalami pemanenan 2—3 kali dalam sekali masa tanam.

Untuk keunggulan yang lainnya dari kacang hijau vima yaitu tahan terhadap berbagai jenis hama dan penyakit. Beberapa hama yang mampu ditangkal oleh varietas unggul ini yaitu hama trips dan kutu kebul.

BACA JUGA:
Jangan Dibuang, 3 Bahan Ini Bisa Digunakan Untuk Nutrisi Hidroponik Lohh!
Mengulik 5 Ide Unik Berkebun di Lahan Sempit, Mau Tau?
Mau Bikin Pupuk Kompos Sendiri! Iniloh Cara Mudah Pembuatannya

Tanaman kacang hijau umumnya tak tahan pada kedua jenis hama ini. Dengan demikian, hasil panen yang diperoleh juga tak sebanding. Dan begitu juga dengan biaya yang dikeluarkan untuk perawatan dan menyewa tenaga kerja.

Hasil panen kacang hijau vima juga cukup tinggi. Dalam 1 hektare, para petani yang bertanam kacang hijau vima bisa memetik hasil panen sampai 2,7 ton kacang kedelai.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Hasil panen tersebut mampu diperoleh kacang hijau vima dalam waktu panen yang relatif singkat, yakni hanya berkisar 56—57 hari setelah masa panen.

Melihat peluang ini, sekarang banyak perusahaan benih yang melirik untuk membudidayakan kacang hijau vima. Hasil penelitian Balitbangtan ini sendiri baru bisa diproduksi oleh 2 perusahaan swasta di luar Balitbangtan, yakni CV Semi, Grobogan, Jawa Tengah, dan PT East West Indonesia dengan kebun produksinya di daerah Purwakarta.

Dengan semakin tingginya minat para petani bertanam kacang hijau vima, membuat banyak perusahaan lain mulai berminat memperoleh lisensi kacang hijau ini. Kemungkinan juga masih terbuka lebar jika Anda ingin berkecimpung di dalamnya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenaiDigemari Para Petani dan Masyarakat, Ternyata Ini Sebabnya! dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in distributor karung beras, karung, karung beras, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s