Mengulik 5 Ide Unik Berkebun di Lahan Sempit, Mau Tau?

Mempunyai kebun sayur sendiri tak hanya memberi Anda keuntungan ekonomis, akan tetapi juga menghijaukan rumah. Supaya rumah lebih cantik, Anda tak harus terpaku pada desain kebun standar di halaman. Terdapat banyak cara kreatif untuk membuat kebun sayur yang indah, termasuk untuk pemilik halaman sempit. Berikut lima ide menarik yang bisa Anda terapkan di rumah.

Kebun Sayur Gantung

Kebun Sayur Gantung

Kebun sayur gantung merupakan pilihan populer untuk pemilik halaman sempit. Anda bisa memakai pot, kaleng bekas, atau botol bekas sebagai media tanam. Anda bisa menggantung tanaman tersebut di dinding atau mendirikan papan kayu khusus untuk kebun ini. Namun, ingat bahwa pot-pot ini akan menjadi berat sebab tanah dan air, jadi Anda harus pastikan mereka tergantung dengan kuat.

Supaya lebih cantik lagi, Anda bisa menggantung media tanam dalam susunan yang rapi, atau memakai pot-pot artistik. Apabila memakai barang bekas seperti kaleng atau botol, Anda bisa mendekorasi mereka dengan cat semprot atau akrilik.

Kebun Mini Dalam Kotak Kayu

Kebun Mini Dalam Kotak Kayu

Kotak kayu rendah bisa menjadi kebun sayur mini portabel, cocok bila sinar matahari tak menyinari seluruh halaman secara maksimal. Krat kayu bisa menjadi media tanam ideal, terutama yang bagian antar panel kayunya mempunyai celah, cocok untuk irigasi. Anda bisa menaruh roda di bagian bawahnya supaya gampang dipindahkan jika perlu.

Anda bisa menanam sayuran yang gampang tumbuh dan sering dipanen, seperti wortel, selada, kubis, dan bawang. Mereka tampak cantik ketika tumbuh bersama, namun sesudah panen, mereka akan terlihat mengempis jadi tak memakan banyak tempat.

BACA JUGA:
Mau Bikin Pupuk Kompos Sendiri! Iniloh Cara Mudah Pembuatannya
10 Tanaman Unik di Dunia, Ternyata di Indonesia Ada Lho!
Teknik Jitu Budidaya Black Madras, Si Padi Hitam yang Kaya Manfaat

Kebun Dalam Koleksi Pot Cantik

Kebun Dalam Koleksi Pot Cantik

Apabila Anda punya masalah dengan ruang, pakailah pot dengan beragam desain untuk menanam sayuran. Anda bisa memilih pot unik yang serasi dengan desain rumah. Letakkan pot-pot ini di rak atau sudut-sudut khusus di rumah yang banyak terkena sinar matahari. Ketika menaruh pot, pertimbangkan bagaimana mereka akan terlihat ketika bersanding dengan rumah.

Pilih pot dengan aneka ukuran untuk menanam sayuran berbeda. Pot mini cocok untuk tanaman bumbu seperti daun mint, ketumbar, sage, kemangi, dan peterseli. Pot sedang cocok untuk bawang merah atau putih, tomat, daun timi, dan bawang bombay. Sementara pot besar cocok untuk wortel, mentimun, brokoli, atau kentang kecil.

Menanam Sayur dan Bunga Berselang-seling

Menanam Sayur dan Bunga Berselang-seling

Menanam bunga di sekitar kebun sayur Anda bisa membantu menghalau hama tertentu serta menarik serangga yang bermanfaat. Anda juga bisa memperoleh pemandangan indah dengan kebun semacam ini. Contohnya, marigold atau kerenyam (geranium) cocok untuk menghalau beberapa jenis kumbang. Bunga aster cocok untuk menarik serangga yang memakan hama, misalnya kepik. Bunga matahari dan zinnia bisa menarik serangga penyerbuk.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Pada saat menanam sayur dan bunga, pastikan tanaman tersebut tak berdesakan. Anda juga harus mempertimbangkan desain supaya kebun tak terlihat berlubang-lubang saat sayuran sudah dipanen. Bunga yang tersisa harus bisa membuat kebun tetap cantik sampai sayuran Anda tumbuh lagi.

Media Tanam Tinggi

Kebun sayur dengan lahan tinggi mungkin sudah biasa, akan tetapi bagaimana bila Anda membuat kebun sayur setinggi pinggang? Kebun semacam ini berfungsi untuk menghindari hama dan mengurangi beban kerja menggarap lahan. Anda bisa membuat kotak-kotak kayu tinggi dengan lubang irigasi di bagian bawahnya.

Media tanam tinggi ini tak hanya praktis, namun juga mempermudah ketika Anda harus mengurus tanaman, memanen, memupuk, dan sebagainya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Mengulik 5 Ide Unik Berkebun di Lahan Sempit, Mau Tau? dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in distributor karung beras, karung, karung beras, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s