Mau Bikin Pupuk Kompos Sendiri! Iniloh Cara Mudah Pembuatannya

Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah pupuk yang dihasilkan dari dekomposisi material organik. Tahap dan cara mendekomposisinya ini bisa memakai makroorganisme. Dengan demikian, dihasilkan pupuk yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman tanpa menimbulkan efek samping bila dipakai dalam dosis yang tepat.

Pupuk kompos bekerja dengan cara memperbaiki tanah yang dipakai sebagai media tanam. Perbaikan ini dilaksanakan, baik dalam segi fisik, kandungan kimiawi ataupun unsur biologi yang ada dalam tanah.

Kompos akan meningkatkan kemampuan tanah dalam menyimpan air. Hal ini berfungsi ketika musim kemarau atau ketika terjadi kekeringan. Bukan hanya itu, manfaat lain kompos secara fisik yaitu mampu menggemburkan tanah sehingga mampu menjadi media tumbuh bagi tanaman.

Pupuk kompos bisa dipakai tanah supaya lebih solid. Pemakaian kompos pada tanah liat atau jenis tanah lempung bisa menggemburkan tanah supaya tak terlalu solid.

Ditinjau dari aspek kimiawi, pupuk kompos mampu meningkatkan kapasitas tukar kation dalam tanah. Semakin banyak kandungan organik dalam tanah, maka kapasitas tukar kation di dalamnya akan semakin baik. Dan dengan demikian, unsur-unsur hara penting dalam tanah akan lebih gampang diserap oleh tanaman.

BACA JUGA:
10 Tanaman Unik di Dunia, Ternyata di Indonesia Ada Lho!
Teknik Jitu Budidaya Black Madras, Si Padi Hitam yang Kaya Manfaat
Ingin Bisnis Tanaman Tapi Lahan Terbatas, Ini Solusinya

Manfaat lain dari segi biologi tanah yaitu pupuk kompos adalah media bagi pertumbuhan mikroorganisme tanah yang baik. Karena adanya mikroorganisme dan satwa lain di dalam tanah tentu akan menunjang kesuburan dan kegemburan tanah.

Manfaat dari pupuk kompos ini akan terlihat secara maksimal jika Anda memkakai pupuk kompos berkualitas baik. Ada beberapa ciri pupuk kompos yang baik. Ciri-ciri ini bisa dikenali dengan sangat gampang.

Pertama, pupuk kompos tersebut mempunyai bau yang sama dengan tanah. Pupuk tersebut tak berbau busuk sebab proses pembusukan dan fermentasi sudah terjadi. Tak ada sisa limbah dan sisa bahan baku pupuk yang belum terurai oleh mikroorganisme atau dekomposer pupuk.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Ciri kedua bisa dikenali dari warnanya yang berwarna cokelat kehitaman. Warna ini hampir mirip dengan warna tanah humus. Begitu pun dari bentuknya. Pupuk kompos yang baik mempunyai bentuk butiran gembur yang tampak seperti tanah.

Cara pengujian pupuk kompos yang baik bisa dilaksanakan dengan memasukkan pupuk kompos ke air. Jika seluruh komponen pupuk tersebut tenggelam, pupuk dapat dikategorikan ke dalam jenis pupuk kompos berkualitas. Bukan hanya itu, air yang dipakai juga tak akan berubah warna menjadi lebih keruh.

Dan yang terakhir, ciri pupuk kompos yang baik bisa juga terlihat pada gulma yang tumbuh. Pupuk ini tak akan memicu tumbuhnya gulma di dekat tanaman yang Anda budidayakan.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Mau Bikin Pupuk Kompos Sendiri! Iniloh Cara Mudah Pembuatannya dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in distributor karung beras, karung, karung beras, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s