Teknik Jitu Budidaya Black Madras, Si Padi Hitam yang Kaya Manfaat

Black Madras

Jual Karung Plastik Beras Berkualitas – Lim Corporation

Varietas black madras atau padi hitam sekarang sudah mulai banyak yang menanam, berdasarkan keterangan mulai dari Aceh sampai Lampung, Jawa Barat sampai Jawa Timur dan petani di Sulawesi. Apa sebetulnya black madras ini?

Black Madras adalah salah satu varietas padi yang dikembangkan di Jepang. Mirip dengan jenis padi pada umumnya, apabila padi biasa daunnya berwarna hijau maka black madras ini daunnya berwarna ungu. Walaupun daunnya berwarna ungu, namun beras yang dihasilkan tetap berwarna putih.

Ketika pertama ditanam, daunnya memang berwarna hijau seperti benih padi pada umumnya. Namun sesudah berumur 2 minggu, batang dan daun benih padi ini mulai berubah menjadi ungu kecoklatan. Masa panennya sama dengan padi varietas yang lainnya. Dan juga dengan perawatannya, tak ada yang khusus. Sekarang ini black madras malah berkembang sebagai padi jenis ornamental atau padi hiasan.

Secara morfologi jenis padi ini tak berbeda jauh dengan jenis tanaman padi pada umumnya. Akan tetapi, apabila dilihat secara fisiologinya tanaman ini mempunyai warna daun yang ungu kehitaman yang tentunya jauh berbeda dengan warna daun tanaman padi umumnya. Padi black madras juga mempunyai struktur batang yang lebih tinggi.

Dari hasil penanaman, black madras ini mempunyai anakan rata-rata 28 anakan, bila dibandingkan dengan Ciherang yang mempunyai anakan 34-38 anakan dengan bibit awal 2-3 bibit. Produktivitasnya bisa mencapai 9 ton/ha.

Keunggulan Padi Black Madras
Kelebihan benih padi Black Madras jika dibandingkan dengan benih padi biasa yaitu kandungan zat amilase yang rendah jadi cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Maka dari itu varietas padi ini sering disebut dengan padi diabetes. Tanaman ini juga tak gampang terserang hama dan penyakit karena serangga tak tertarik melihat warna daunnya yang berbeda dengan tanaman padi pada umumnya.

BACA JUGA:
Ingin Bisnis Tanaman Tapi Lahan Terbatas, Ini Solusinya
Lahan Tanam Kurang Subur? Coba Gunakan Bahan Alami Ini
Cara Jitu Budidaya Gandum di Indonesia Agar Hasil Maksimal
Tau Gak Sih? 5 Negara Dengan Sistem Pertanian Terbaik di Dunia

1. Daun yang Berwarna Ungu
Salah satu yang paling menarik perhatian yaitu daunnya yang ungu jadi terlihat eksotis, unik, dan berbeda. Dan itu pun yang menjadi daya tarik terbesar dari jenis padi ini.

2. Harga Jual yang Mahal
Harga gabah ini cukup tinggi hingga mencapai Rp 600 ribu/kuintal GKP. Dan bahkan jika sudah dikeringkan bisa mencapai Rp 900 ribu/kuintal GKP.

3. Berkhasiat
Walaupun saya belum menemukan rujukan yang benar, padi ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung, penyakit kelebihan gula atau diabetes, dan bisa juga dipakai sebagai bahan kosmetik.

4. Umur Lebih Pendek
Dibandingkan dengan varietas lainnya seperti Ciherang, black madras memiliki usia panen lebih genjah sekitar 85-95 hari.

Cara Budidaya Padi Black Madras
Sebetulnya tak beda jauh antara cara tanam padi Black Madras ini dibandingkan dengan jenis lainnya.

1. Pengolahan Tanah
Laksanakan saja seperti biasanya, yang penting, usahakan tanah diberi lebih banyak pupuk organik supaya hasil lebih bagus. Sebab salah satu kekurangan dari tanaman ini yaitu hasilnya yang kurang banyak seperti padi pada umumnya.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

2. Penanaman
Tahap menanam padi ada berbagai cara, diantaranya yaitu metode SRI, Jajar Legowo, dan Hazton yang disesuaikan dengan kebiasaan setempat.

3. Pemupukan
Laksanakan proses pemupukan sesudah 10 hari sejak tanam dengan pupuk urea. Apabila terdapat bibit wereng, langsung saja semprot dengan insektisida untuk wereng. Sebab padi ini memang rawan terkena wereng. Akan tetapi penanggulangan sejak awal bisa memutuskan siklus wereng.

Selanjutnya, sesudah 25 hari diberikan NPK. Akan lebih baik lagi, jika disemprot juga dengan pupuk daun, anti bakteri dan jamur serta hormon pertumbuhan khusus padi. Dengan cara ini, daun akan mengkilat dan tak terjangkit hama kresek dan hawar daun.

Karung Laminasi 3

Produsen Karung Beras Berkualitas

Pada usia 50 hari sejak tanam, kita tak perlu kasih pupuk kimia lagi. Kita bisa berikan pupuk organik untuk memberikan rangsangan pertumbuhan tanaman. Apabila ada hama, kita semprot di rentang usia ini. Jangan sampai ketika padi sudah ada yang muncul, karena racunnya bisa mengendap.

Adapun faktor penting yang harus diperhatikan dalam budidaya padi jenis Black Madras ini yaitu kewaspadaan pada serangan hama dan penyakit. Jangan sampai menimbulkan masalah dikemudian hari pada ledakan penyakit yang masih tersembunyi.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Teknik Jitu Budidaya Black Madras, Si Padi Hitam yang Kaya Manfaat” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Karung Beras untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, karung, karung beras, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s