Inovasi Teknologi Untuk Sarana Pembangunan Bidang Pertanian Indonesia

Petani menyedot air tanah dengan menggunakan mesin pompa untuk mengairi sawahnya, di Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (25/9)

Inovasi Teknologi Untuk Sarana Pembangunan Bidang Pertanian Indonesia

Jual Karung Plastik Beras di Sidoarjo – Lim Corporation

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, yang mempunyai potensi agraris yang berkembang seiring dengan berjalannya waktu baik dari kerajaan sampai dengan kondisi Indonesia sekarang ini. Potensi agraris yang dikenal begitu beragam baik dari perkebunan serta pertaniannya seperti jagung, ubi jalar, ubi kayu, padi, dan lain sebagainya, menjadi salah satu aspek pendukung ekonomi di Indonesia baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Kemampuan pertanian tak serta merta menunggu hasil produksi yang banyak serta waktu produksi yang memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak, akan tetapi inovasi yang menjadi faktor dalam perkembangan pertanian di Indonesia.

1. Inovasi
Inovasi dalam konsep yang luas sebetulnya bukan hanya terbatas pada produk, inovasi bisa berupa ide, cara-cara ataupun obyek yang dipersepsikan oleh seseorang sebagai sesuatu yang baru.

Inovasi dilaksanakan sebagai tindakan awal individu atau kelompok dalam menjalankan sesuatu supaya sesuai dengan tujuan bersama, walaupun bukan langsung menjadi bahan tetapi perlahan menjadi ide yang patut untuk dipertimbangkan serta dilaksanakan kalkulasi pada eksekusi dari keputusan bersama.

Dalam menunjang inovasi diperlukan kemampuan sumber daya manusia, teknologi serta lahan. Dengan adanya inovasi, produsen bukan hanya bisa mengurangi biaya dalam menghasilkan sebuah produk dan meningkatkan kualitas produk namun juga bisa menghemat konsumsi energi seperti bahan bakar dll.

2. Teknologi
Teknologi cepat atau lambat terus berkembang seiring berkembangnya zaman, hal ini disebabkan tuntutan permintaan akan suatu produk atau jasa yang memakai teknologi sebagai sarana untuk mencapai tujuan tersebut. Dimulai dari gagasan individu ataupun kelompok yang visioner menjadikan ide tersebut sebagai bahan utama dalam merencanakan teknologi yang kedepannya akan diimplementasikan pada berbagai aspek kehidupan.

Baca Juga: Teknik Jitu Budidaya Tanaman Kedelai, Agar Hasil Panen Maksimal

Menurut pakar ahli dijelaskan bahwa teknologi terdiri dari yang diproduksi benda-benda seperti alat dan kontainer atau sesuatu yang membantu manusia dalam pekerjaannya yang dinamakan artifak tetapi tak berhenti disitu, juga diperlukan perancangan dan produksi secara berkelanjutan.

Apabila bisa dilihat dari peristiwa revolusi industri saat perubahan struktur kerja yang konvensional seperti penenunan dengan tangan kemudian diciptakan mesin tenun oleh Edmund Cartwright untuk para pekerja, yang kemudian terus berkembang sampai sekarang ini di era software.

Perkembangan teknologi terus dilaksanakan untuk pemenuhan keperluan manusia supaya mampu menghemat biaya serta meningkatkan kualitas dan juga memperhatikan keadaan lingkungan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik URL berikut DISINI

3. Pembangunan Pertanian di Indonesia
Indonesia adalah negara agraris yang terdiri dari kepulauan yang terbesar di dunia, jadi dalam aspek kehidupan bermasyarakat, tak sedikit yang bekerja di bidang agraria terutama pertanian.

Menurut Arthur T. Mosher (1987) menjelaskan bahwa pembangunan pertanian bisa berjalan dengan adanya, tetapi percepatan pembangunan pertanian dibutuhkan dukungan faktor pelancar yang berhubungan dengan geraknya sumber daya manusia dan pendayagunaan sumber daya alam secara optimal supaya mencapai produktivitas yang tinggi serta mencapai tujuan pembangunan secara jelas dan terfokus.

Pemberdayaan petani sebagai pelaku pertanian harus menjadi perhatian bersama sebab bisa memperluas wawasan para petani di Indonesia untuk mencapai angka produktivitas terutama padi bertumbuh.

Baca Juga: Iniloh! 5 Perkembangan Teknologi Pertanian Di Masa Depan

Pembangunan pertanian di Indonesia dilihat berdasarkan data dari BPS.go.id terkait indikator pertanian mengenai Indeks Produksi Tanaman Pangan Tahun 2012-2016 khususnya pada tanaman padi mengalami peningkatan dari 112,82 pada tahun 2015 menjadi 119,39 pada tahun 2016.

Hal tersebut menunjukan pertumbuhan yang artinya sektor pertanian di Indonesia terus bertumbuh dengan adanya sumber daya yang ada serta lahan yang ada berpotensi untuk bisa diperluasnya sektor pertanian di Indonesia.

4. Implementasi Inovasi Teknologi Pertanian
Berdasarkan data tersebut menunjukan perkembangan sektor tanaman pangan yaitu padi. Supaya sektor pertanian bisa mengalami peningkatan produksi dibutuhkan tenaga serta waktu yang memadai dan hadirnya inovasi menjadi faktor pendukung dalam perkembangan industri pangan di Indonesia. salah satunya yaitu Sistem Intensifikasi Padi yang merupakan inovasi pada produksi padi dengan meningkatkan produktivitas dari pekerja, air, lahan dan modal.

Luas lahan di Indonesia sekarang ini hanya sebesar 7,78 juta hektar jika dihitung lahan per kapita, luas lahan di Indonesia hanya sebesar 358,5 meter persegi per kapita, oleh karena itu dibutuhkan inovasi pada situasi pembangunan pertanian di Indonesia baik secara pemberdayaan petani serta sumber daya alam yang dipakai seperti energi.

Inovasi dilaksanakan dalam industrialisasi agraria di Indonesia supaya bisa menyelesaikan permasalahan pembangunan pertanian, salah satunya Beberapa perusahaan swasta berbasis teknologi melaksanakan inovasi pada perkembangan agraria di Indonesia melalui aplikasi di antaranya yaitu platform digital.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Yang Bermanfaat & Cocok Untuk Menghias Interior Rumah

Aplikasi berbasis teknologi seperti CI-Agriculture yang dibuat Databot adalah platform sebagai solusi untuk para petani dalam menyelesaikan permasalahan pertanian dari mulai pengolahan lahan sampai penjualan dengan sistem manajemen berbasis analis cuaca, sensor tanah, citra satelit, serta drone, selain CI-Agriculture juga ada 8villages yang merupakan platform dimana petani juga bisa berkonsultasi dengan para pakar dan mengetahui perkembangan teknologi bidang pertanian.

Hal tersebut juga ditunjukan dengan petani di daerah Indramayu juga sudah mulai memperoleh pembinaan yaitu Mitra Badan Usaha Milik Desa Bersama binaan PT Telkom Indonesia yang merupakan project kewirasusahaan dalam menerapkan digitalisasi pertanian dengan aplikasi Logistik Tani sebagai platform digital yang menyatukan 4 siklus pertanian yaitu pratanam, tanam, panen, pasca panen jadi mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Para petani memperoleh dukungan dari BUMN serta Pemda yang berkolaborasi dengan PT. Telkom Indonesia. Terkait dengan bantuan teknologi dimana para produsen bisa memperluas wawasannya pada perkembangan teknologi jadi mereka mampu beradaptasi dan memakai teknologi yang terkait untuk memajukan usaha mereka dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

* Ingin info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargakarungberas

Apabila Anda Membutuhkan dan Ingin Memesan Karung Plastik Beras atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, distributor karung beras, Jagung, karung, karung beras, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s