Teknik Jitu Budidaya Tanaman Kedelai, Agar Hasil Panen Maksimal

Tanaman Kacang Kedelai

Teknik Jitu Budidaya Tanaman Kedelai

Produsen Karung Plastik Beras Berkualitas – Lim Corporation

Tahapan bertanam kedelai yang baik dan benar di sawah tak begitu sulit. Dengan adanya perawatan yang gampang juga akan membuat Anda lebih gampang dalam menanam kedelai tetapi tetap bisa menghasilkan panen yang maksimal.

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis tanaman dengan nilai gizi tinggi yang sangat serbaguna. Dengan memakai kedelai beberapa makanan bisa dibuat seperti tempe, tahu, kecap dan lainnya. Dengan itu keperluan kacang kedelai cukup tinggi ini maka akan sangat baik dan menguntungkan apabila Anda menanam kedelai.

Perawatan kedelai juga tak terlalu sulit jadi tak akan membuat Anda repot pada saat Anda menanam kedelai. Bukan hanya itu, selama masa tumbuh kedelai juga bisa dipanen beberapa kali jadi cukup efisien bila kedelai ini dijadikan tanaman budidaya. Cara menanam kedelai yang baik dan benar maka akan menghasilkan panen yang melimpah. Kemudian bagaimana cara melaksanakan penanaman dan budidaya kacang kedelai yang baik berikut adalah ulasannya.

1. Pemilihan Lahan dan Pengolahan Lahan
Kacang kedelai bukanlah tanaman sayur sayuran yang harus tumbuh dengan kondisi tanah tertentu. Akan tetapi untuk menghasilkan panen yang maksimal, lebih baiknya lahan yang dipakai mempunyai drainase yang baik dengan ph sekitar 5-7. Untuk hasil yang baik, Anda juga bisa memilih lahan dengan ketinggian 600mdpl dengan curah hujan 400ml setiap bulan.

Apabila Anda sudah menemukan lahan yang baik, kemudian mengolah lahan tersebut. Langkah awal Anda bajak dan ratakan tanah yang akan dipakai sebagai media lahan. Apabila sudah Anda buat saluran air supaya tanaman tak sampai kelebihan air dengan jarak 3m-4m. Terakhir, tinggal Anda keringkan tanah selama 3 minggu setelah itu lahan siap untuk ditanami.

Baca Juga: Iniloh! Penghambat Pertumbuhan Saat Budidaya Jamur Tiram dan Cara Mengatasinya

2. Pemilihan Benih dan Penanaman
Tahap pertama yang harus diperhatikan dalam cara menanam kedelai yaitu pemilihan bibit. Pilihlah bibit dengan kualitas yang terbaik seperti bibit Grobogan. Setelah itu bila tanah yang akan dipakai untuk menanam kedelai belum pernah ditanami lebih baik Anda rendam terlebih dulu bibit pada media POC NASA dosis yang dipakai sendiri yaitu 2 liter air.

Tahapan berikutnya yaitu penanaman pertama Anda buat lubang dengan jarak sekitar 30cm x 20cm untuk media tanam. Apabila sudah, masukkan 2-3 biji kedelai dalam setiap lubang dan tutup dengan memakai tanah gembur. Waktu penanaman terbaik untuk kacang kedelai sendiri yaitu masa akhir musim hujan karena air lebih sedikit jadi tanaman tumbuh lebih baik.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

3. Perawatan
Perawatan pertama yang bisa dilaksanakan yaitu penyulaman. Penyulaman ini dipakai untuk mengganti tanaman yang tak tumbuh dengan baik. Supaya tak layu, Lebih baiknya penyulaman dilaksanakan pada sore hari. Kemudian yang bisa dilaksanakan yaitu penyiangan, proses penyiangan ini sendiri terdapat 3 fase dalam cara menanam kedelai.

Penyiangan pertama dilaksanakan sesudah tanaman berusia 3 minggu. Proses penyiangan berikutnya dikerjakan bila usia tanaman sudah berada pada angka 6 minggu, dan masa penyiangan yang terakhir yaitu penyiangan yang dilaksanakan sesudah masa pemupukan yang kedua.

Proses perawatan selanjutnya merupakan tahap pemupukan. Laksanakan pemupukan setiap 2 minggu sekali dengan memakai POC NASA. Pemupukan ini dilaksanakan dengan cara menyemprotkan pupuk pada tanaman kacang kedelai.

Namun apabila tanaman sudah berbunga Anda harus menghentikan proses pemupukan sebab nantinya penyerbukan akan terganggu. Tak hanya dengan memakai POC NASA saja Anda juga bisa memakai pupuk kompos dan kandang.

Baca Juga: Ternyata, Ini 5 Kunci Sukses Budidaya Tanaman Hias Yang Wajib Diketahui

Menanam kedelai memang tak terlalu menyulitkan. Perawatan tanaman yang sederhana dan tak memerlukan terlalu banyak biaya bisa menjadi solusi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman yang gampang dan juga hasil panen yang baik.

Dengan Cara Menanam Kedelai Yang Baik Di Sawah yang gampang ini Anda masih bisa menghasilkan panen melimpah. Terlebih lagi panen kacang kedelai bisa dilaksanakan beberapa kali sebelum tanaman harus diganti jadi hasil panen yang diperoleh lebih maksimal.

* Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Memesan Karung Plastik Beras atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in distributor karung beras, Jagung, karung, karung beras, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s