Mengenal Teknik Budidaya Sistem Minapadi, Inovasi Pertanian Tradisional

Mina Padi

Produsen Karung Beras Murah – Lim Corporation

Pada era Industri dan modernisasi sering sekali tak berbanding lurus dengan perluasan lahan pertanian. Pengalihan lahan pertanian menjadi infrastruktur modern memaksa menyempitnya lahan pertanian.

Akan tetapi faktor tersebut bisa disiasati dengan teknologi pertanian. Terdapat banyak teknologi pertanian yang sudah diterapkan oleh petani diantara banyaknya teknologi tersebut ada yang disebut dengan Minapadi.

Minapadi sendiri memiliki arti Mina yang merupakan ikan, dan padi yaitu padi itu sendiri. Untuk lebih jelasnya Minapadi memiliki pengertian yaitu sebuah teknik budidaya yang menggabungkan perikanan dan pertanian dalam 1 tempat dengan tujuan bisa memperoleh hasil panen dari kedua komoditas tersebut.

Pada budidaya dengan sistem Minapadi ini, dikenal terdapat 2 teknik budidaya, yaitu Minapadi Sistem Penyelang dan Minapadi Sistem Tumpang Sari dengan perbedaan ketika masa pemanfaatan lahan dan hasil produksi ikan. Untuk lebih lanjut, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Mina Padi dengan Sistem Penyelang
Langkah awal dalam budidaya minapadi dengan sistem penyelang yaitu persiapannya tak berbeda dengan teknik budidaya padi sawah umumnya, hanya saja ditambah dengan pembuatan parit disekeliling pinggiran pematang sawah.

Dengan lebar dan kedalaman parit tersebut bisa disesuaikan, tetapi untuk ukuran ideal bisa memakai lebar 40cm – 100cm dan kedalaman parit sekitar 60cm – 100cm.

Umumnya produksi ikan yang dihasilkan dari sistem penyelang pada Mina Padi ini ukuran ikan sekitar 3cm – 5cm dan bisa dipanen sebagai anak ikan tetapi bisa juga dijadikan untuk bibit di pembesaran ikan.

Pemanenan dari minapadi dengan sistem penyelang ini bisa dipanen sesudah masa pemeliharaan kurang lebih 20 hari atau diantara musim tanam dan musim panen padi.

Baca Juga:

2. Mina Padi dengan Sistem Tumpang Sari
Pada Teknik budidaya minapadi dikenal dengan sistem penyelang dan sistem minapadi tumpang sari. Pada dasarnya kedua sistem tersebut menggabungkan 2 komoditas berupa perikanan dan pertanian.

Akan tetapi tentu ada perbedaan dari kedua sistem mina padi tersebut. Perbedaannya ada pada lama masa pemeliharaan ikan dan hasil produksi ikan yang siap dipanen.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik URL berikut http://www.facebook.com/InfoPertanianPerkebunanku/

Menjelaskan sedikit tentang minapadi dengan sistem penyelang lama pemeliharaannya sekitar waktu 20 harian, dan ikan yang dipanen pun ukuran 3cm-5cm atau kita sering menyebutnya dengan nama anak ikan.

Berbeda dengan minapadi sistem penyelang, sistem minapadi dengan teknik tumpang sari memiliki waktu pemeliharaan ikan lebih lama dan ikan yang dipanen juga merupakan ikan dengan ukuran besar.

Dan untuk sistem ini sama saja seperti pada sistem penyelang, pada sisi dalam petakan sawah dibuat parit dengan lebar 40cm-100cm dan kedalaman 60cm-100cm, sebab sistem tumpang sari ini sedikit lebih lama untuk pemeliharaannya, di salah satu sisi dalam lainnya dibuat dengan kedalaman antara 80cm-150cm supaya ikan yang lebih besar bisa berkumpul ketika cuaca sedang panas dan memudahkan untuk pemanenan

Bibit ikan disebar kedalam petakan sawah ketika umur padi sudah 7 hari sedangkan untuk panen ikan dilaksanakan 1 minggu sebelum panen padi dikerjakan atau saat masa pemeliharaan 90 hari ikan selesai.

Pemeliharaan ikan dengan metode minapadi tumpang sari ini tujuannya untuk pemeliharaan dan pendederan atau pembesaran ikan. Dengan mina padi ini petani bisa menambah pendapatan.

* Ingin info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargakarungberas

Apabila Anda Membutuhkan dan Ingin Memesan Karung Plastik Beras atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui (SMS/CALL/WA) pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, karung, karung beras, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s