Bagaimana Cara Tepat Penanganan Irigasi Pada Tanaman Padi?

Pengairan Tanaman Padi

Produsen Karung Plastik Beras Harga Murah – Lim Corporation

Padi umumnya dikenal sebagai tanaman yang membutuhkan banyak air untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu, ketersediaan air bagi tanaman padi harus dikelola dengan baik. Secara umum, pengelolaan air untuk tanaman padi lebih dikenal dengan istilah irigasi.

Irigasi penting dilakukan pada daerah atau lahan yang rawan mengalami kekeringan. Tujuan irigasi adalah memberikan tambahan air terhadap air hujan dan memberikan air untuk tanaman dalam jumlah yang cukup pada saat dibutuhkan. Nah, dalam memilih teknik pengelolaan air sawah, penting memerhatikan kondisi topografi dan pola curah hujan. Berikut ini beberapa teknik dalam mengelola air padi sawah.

1. Penggenangan

Penggenangan pada pertanaman padi ditujukan untuk meningkatkan efisiensi pengunaan air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengairan macak-macak dan tidak terus-menerus hasilnya tidak berbeda nyata dengan pertanaman yang dilakukan pengairan terus-menerus.

Baca Juga:

Genangan terus menerus dengan dalam 10—15 cm seperti yang dilakukan petani pada umumnya dapat menyebabkan tingginya kehilangan air dan hara melalui aktivitas perkolasi. Artinya, penggenangan terus-menerus dapat menurunkan efisiensi pemupukan. Efisiensi penggunaan air pada lahan yang diirigasi secara macak-macak hampir 2—3 kali lebih tinggi dibanding dengan lahan yang digenangi terus-menerus.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik URL berikut http://www.facebook.com/InfoPertanianPerkebunanku/

2. Irigasi Bergilir

Irigasi bergilir merupakan teknik pemberian air pada suatu luasan lahan tertentu untuk periode tertentu hingga areal tersebut dapat menyimpan air yang dapat digunakan hingga periode irigasi berikutnya. Teknik ini dapat menghemat penggunaan air sekitar 20—30 persen. Selain itu, teknik ini juga dapat meningkatkan efisiensi pemupukan dan penggunaan tenaga kerja.

3. Irigasi Berselang

Sistem irigasi berselang atau dikenal dengan istilah intermittent irrigation, yakni pengaturan kondisi lahan dalam kondisi tergenang secara bergantian. Selain untuk menghemat air, penerapan irigasi berselang juga memberi kesempatan kepada akar untuk mendapatkan udara sehingga dapat berkembang lebih dalam.

Irigasi berselang juga dapat mengurangi timbulnya keracunan besi, dapat mengaktifkan jasad renik mikroba yang menghambat, serta dapat mengurangi jumlah anakan yang tidak produktif. Penerapan teknik irigasi berselang dapat meningkatkan hasil hampir 7 persen dibanding hasil pada lahan yang terus-menerus digenangi.

* Info lengkap mengenai harga Karung Beras silakan klik http://bit.ly/hargakarungberas

Apabila Anda Membutuhkan dan Ingin Memesan Karung Plastik Beras atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk pengemasan ketika pascapanen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan terjangkau. Untuk info pemesanan produk bisa langsung menghubungi kami melalui (SMS/CALL/WA) pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, karung, karung beras, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s