Panduan Cara Menanam Padi Yang Benar Untuk Hasil Maksimal | Karung Beras

tanam-padi

Produsen karung Beras Murah – Lim Corporation

Para petani tentu tidak ada yang memuaskan selain mendapati hasil panen yang nomer wahid dan banyak. Untuk itu kali ini kami hanya akan membahas menyangkut dengan cara apa kiat menanam padi yang baik dan benar agar memperoleh hasil panen yang maksimal. Menanam padi tentunya tak lepas dari sawah, didataran rendah dapat amat was – was menanam padi disaat musim penghujan, sebab kebanyakan banjir datang dan menenggelamkan lahan para petani.

Tahapan pengolahan tanah

Trik mengolah tanah 
Pengolahan tanah untuk penanaman padi harus sudah disiapkan sejak 2 bulan penanaman. Pelaksanaanya dilakukan dengan 2 macam kiat adalah dengan kiat tradisional dan kiat mutakhir.
– Pengolahan tanah sawah dengan cara yang tradisional, adalah pengolahan tanah sawa dengan alat – alat sederhana yaitu sabit, cangkul, bajak, dan garu yang semuaya dilakukan oleh nusia atau dibantu dengan binatang misalnya kerbau dan sapi.
– Pengolahan tanah sawah dengan cara trendi adalah pengolahaan tanah sawah yang dilakukan bersama mesin menggunakan traktor dan alat – alat pengolahan tanah yang serba bisa kerja sendiri.

Baca Juga:

Pembersihan
Sebelum tanah sawah dicangkul harus dibersihkan lebih dulu dari jerami – jerami atau rumput yang ada.
Dikumpulkan menjadi satu area atau dijadikan kompos. Sebaiknya jangan dibakar, disebabkan pembakaran jerami itu bakal menghilangkan zat nitrogen yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman.

Pencangkulan
Sawah yang sanggup dicangkul harus digenagi dengan air agar tanah menjadi lunak dan rumput – rumputnya langsung membusuk. Pekerjaan pencangkulan ini dilanjutkan dengan perbaikan pematang – pematang yang bocor.

Pembajakan
Sebelum pembajakan sawah harus digenangi air lebih dulu. Pembajakan dimulai dari tepi atau dari tengah – tengah petakan sawah yang didalamnya antara 12 sampai 20 cm. Tujuan pembajakan yaitu mematikan dan membenamkan rumput dan membenamkan bahan -bahan organis semacam pupuk hijau, pupuk kandang, dan kompos agar bercampur bersama tanah. Selesai membajak sawah kemudian digenagi air lagi 5 sampai 7 hari untuk mempercepat pembusukan sisa – sisa tanaman dan melunakan bongkahan tanah.

Penggaruan
Pada waktu sawah akan digaru genangan air dikurangi. Sehingga cukup banyak untuk membasahi bongkahan -bongkahan tanah saja. Penggaruan dilakukan berulang – ulang agar sisa – sisa rumput terbenam dan mengurangi perembesan air ke bawah. Setelah penggaruan pertama telah selesai, kemudian sawah digenagi air lagi sewaktu 7 sampai 10 hari, selang beberapa hari diadakan pembajakan yang kedua.

Tujuannya merupakan :
1. Meratakan tanah
2. Meratakan pupuk dasar yang dibenamkan 3. Pelumpuran agar menjadi lebih sempurna.

Pencarian mutu benih yang akan dimanfaatkan :

1. Pertama siapkan kain ukuran 20 centimeter x 30 cm.
2. Siapkan benih dengan jumlah 100 butir selanjutnya direndam dalam air selama ± 2 jam.
3. Benih yang sudah direndam kemudian diletakkan di atas kain yang sudah dibasahi.
4. Kemudian tunggu 3 sampai 5 hari, selanjutnya hitung benih yang berkecambah. Seandainya benih yang berkecambah lebih dari 90 butir, artinya benih padi tersebut berkualitas tinggi.

Memilih area pesemaian
1. Tanahnya yang subur, banyak mengandung humus, dan gembur.
2. Tanah itu harus tanah yang terbuka, tidak terlindung pepohonan sehingga sinar matahari bisa di terima dan dipergunakan sepenuhnya.
3. Dekat degan sumber air utama untuk pesemaian basah, dikarenakan pesemaian banyak membutuhkan air. Sedangkan pesemaian kering dimaksudkan gampang mendapatkan air untuk menyirami apabila persemaian itu telah mengalami kekeringan.
4. Bila areal yang bisa ditanami cukup luas sebaiknya tempat pengerjaan pesemaian tidak berkumpul menjadi satu ruang namun dibuat memencar. Aspek itu untuk menghemat biaya atau tenaga pengangkutannya.

4 karung plastik beras laminasi cap ikan leopard kepala singa lele super Murah sahabatplastikindonesia.com (0811309339)

Mengerjakan tanah untuk pesemaian
Tanah pesemaian harus mulai dikerjakan lebih kurang 50 hari sebelum penanaman dilakukan. Sebab adanya 2 jenis padi adalah padi basah dan padi kering, maka tanah pesemaian sanggup dan dibedakan atas pesemaian basah dan pesemaian kering.

1. Pesemaian lahan basah
Saat membuat pesemaian basah harus dipilih tanah sawah yang betul – betul subur. Rumput dan jerami yang tertinggal harus dibersihkan dulu. Setelah itu sawah digenangi air agar tanah menjadi lunak, rumput -rumputan yang akan tumbuh menjadi mati dan bermacam – macam serangga yang dapat merusak bibit. Setelah Itu, bila tanah sudah cukup lunak lalau dibajak atau digaru dua kali atau tanah menjadi halus. Setelah itu buatlah petakan – petakan.

2. Pesemaian lahan kering
Prinsip pelaksanaan pesemaian lahan kering sama dengan pesemaian basah. Rumpu – rumput dan sisa -sisa jerami yang ada mesti dibersihkan lebih dulu. Tanah dibajak menggunakan cangkul hingga tanah menjadi gembur. Setelah tanah menjadi halus kemudian diratakan dan dibuat bedengan – bedengan. Antara bedengan yang satu dengan bendengan yang lain diberi jarak 30 cm yang merupakan selokan yang bisa digunakan untuk memudahkan penaburan biji, pengairan, pemupukan, penyemprotan hama, penyiangan, dan pencabutan bibit.

Penaburan biji padi
Biji – biji yang bernas bisa sitenggelamkan sedangkan yang biji – biji yang hampa bakal terapung dan biji – biji yang terapaung dapat dibuang. Maksud perendaman biji hanya memilih biji yang bernas dan cepat berkecambah. Lama perendaman biji cukup 24 jam setelah itu biji diambil dari rendaman dulu di kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan karung. Pemeraman biji dibiarkan selama 8 jam. Kalau biji sudah berkecambah dengan panjang 1 mm, maka biji disebar ditempat pesemaian. Diusahakan supaya penyebaran biji merata, tidak terlalu rapat, dan tidak terlalu jarang. Bila penyebarannya terlalu rapat akan mengakibatkan benih yang tumbuh kecil – kecil dan lemah, namun penyebaran yang terlalu jarang biasanya menyebabkan tumbuh benih yang tidak merata.

Pemeliharaan pesemaian
Saat pesemaian basah begitu biji ditaburkan terus digenangi air selama 24 jam kemudian baru dikeringkan. Genangan air dimaksudkan supaya biji yang disebar tidak berkelompok – kelompok hingga merata. Adapun pengeringan sesudah penggenangan selama 24 jam itu dimaksudkan supaya biji tidak membusuk dan mempercepat pertumbuhaan. Pada saat pesemaian kering, pengairan dikerjakan dengan air rembesan. Air dimasukan dalam selokan antara bedengan- bedengan, sehingga bedengan sanggup terus – menerus mendapati air dan benih bisa tumbuh tanpa mengalami kekeringan.

Tahapan penanaman padi

Pemilihan bibit padi 
1. Pekerjaan penanaman didahului dengan pekerjaan pencabutan bibit di pesemaian.
2. Bibit yang bisa dicabut adalah bibit yang sudah berumur 25 sampai 40 hari tergantung dengan jenisnya dan berdaun 5 sampai 7 helai.
3. Sebelum melakukan pesemaian 2 atau 3 hari tanah digenangi air supaya tanah menjadi lunak dan memudahkan pencabutan. Caranya yaitu 5 sampai 10 batang bibit kita pegang menjadi satu seterusnya ditarik ke arah badan kita usahakan batangnya jangan sampai putus. Ciri-ciri bibit yang baik antara lain :
– Umurnya tidak lebih dari 40 hari
– Tingginya sekitar dari 40 hari
– Tingginya kurang lebih 25 centimeter
– Berdaun 5 sampai 7 helai
– Batangnya besar dan kuat
– Bebas dari hama dan penyakit

Bibit yang telah dicabut kemudian diikat dalam satu ikatan besar untuk memudahkan pengangkutan. Bibit yang telah dicabut harus segera ditanam dan jangan sampai bermalam. Penanaman padi yang baik harus memakai larikan ke kanan dan ke kiri bersama jarak 20 x 20 cm, factor ini untuk memudahkan saat pemeliharaan, baik penyiangan, dan mengizinkan setiap tanaman memperoleh sinar matahari yang pas dan zat -zat makanan secara merata. Usahakan penanaman bibit tidak terlalu dalam atau terlalu dangkal. Bibit padi yang ditanam terlalu dalam akan menghambat pertumbuhan akar dan anakannya sedikit. Bibit yang ditanam terlalu dangkal akan membuat mudah reba atau hanyut oleh aliran air. Dengan demiikian jelas bahwa penanaman bibit yang terlalu dalam ataupun terlalu dangkal akan berpengaruh kepada hasil produksinya.

Iklan FP (2)

Pemeliharaan pengairan
Air yang dipakai untuk pengairan padi di sawah adalah air yang berasal dari sungai, disebabkan air sungai banyak mengandung lumpur dan kotoran – kotoran yang sangat berguna buat menambah kesuburan tanah dan tanaman. Air yang berasal dari mata air kurang baik untuk pengairan sawah, sebab airnya jernih, tidak mengandung banyak lumpur, dan kotoran. Kedalaman air diatur dengan cara sebagai berikut :
– Tanaman yang berumur 0 sampai 8 hari dalamnya air lumayan 5 senti m.
– Tanaman yang berumur 8 sampai 45 hari dalamnya air ditambah sampai 10 sampai 20 cm.

Pemupukan
Pemupukan dikerjakan untuk menambah zat – zat dan unsur – unsur makanan yang dibutuhkan oleh tanaman di dalam tanah supaya tanaman yang ditanam mendapatkan asupan zat – zat yang dibutuhkan oleh tanah dan tanaman itu sendiri. Untuk tanaman padi pupuk yang difungsikan antara lain :
1. Pupuk alam sebagai pupuk dasar yang diberikan 7 sampai 10 hari sebelum tanaman bisa difungsikan dengan pupuk – pupuk alam misakan pupuk hijau, pupuk kandang, dan kompos.
2. Pupuk buatan diberikan sesudah tanam, misalkan : ZA/Urea, DS/TS, dan ZK. Adapun manfaat lain dari pupuk ZA/Urea menyuburkan tanah, mempercepat tumbuhnya anakan, mempercepat tumbuhnya tanaman, dan menambah gabah.

Pemberantasan hama
Tikus merupakan hewan yang bisa merugikan petani dengan jumlah besar sebab mereka bisa merusak areal yang cukup luas dengan waktu yang singkat. Tikus dapat diberantas dengan gropyokan atau dengan memberikan umpan yang berupa ketela dan jagung yang dicampur dengan phospit. Ulat serangga bila bertelur pada daun dan bila menetas ulatnya merusak batang dan daun cara memberantasannya harus disemprot dengan obat – obat insektisida, misalkan DDT, Aldrin, Endrin, dan

Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Karung Beras untuk pengemasan produk beras hasil panen dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service : 
Telp : 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, Jagung, karung, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s