Tahapan Mudah Membudidayakan Beras Hitam Untuk Pemula | Karung Beras

Beras-Hitam-di-Sawah

Jual Karung Beras Best Quality – Lim Corporation

Beras hitam saat ini sedang populer dikalangan masyarakat Indonesia karena warnanya yang unik dan beras hitam ini juga memiliki nama yang berbeda – beda disetiap daerah seperti di Yogyakarta umumnya masyarakat menyebut dengan beras Cempo Ireng atau Jlitheng, sedangkan di Solo masyarakatnya menyebut sebagai beras Wulung. Walaupun berbeda – beda dalam penyebutannya, namun untuk budidaya beras hitam di berbagai daerah ini rata – rata sama, yaitu dengan proses pembudidayaan berbasis organik. Beras hitam atau dalam bahasa latin Oryza sativa L. indica mempunyai rasa yang enak, pulen, dan wangi. Budidaya beras hitam sangat penting sebab dalam beras hitam mengandung air mineral atau antosianin yang cukup tinggi sehingga tidak heran bila beras hitam sangat bagus untuk kesehatan.

Baca Juga:

Beras hitam bisa melindungi tubuh dari serangan kanker dan membantu meningkatkan fungsi otak, sebab mengandung antioksidan tinggi. Vitamin E yang dimiliki beras hitam bisa menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit dan meningkatkan imunitas. Selain itu, mampu juga untuk menjadi pelindung kesehatan jantung, sebab kandungan fitokimianya bisa menjaga kadar kolestrol sehat dan membantu menurunkan kolestrol jahat dalam darah. Banyak petani yang membudidayakan beras ini sebab memiliki banyak manfaat. Bila anda penasaran dengan cara membudidayakan beras hitam ini anda bisa melihat ulasan dibawah ini mengenai cara membudidayakan beras hitam.

Cara membudidayakan beras hitam :

Persiapan benih
Langka pertama yaitu benih disemai diuji dalam larutan air garam. Larutan air garam yang cukup untuk menguji benih adalah larutan yang apabila dimasukkan telur, maka telur akan mengapung. Yang baik untuk dijadikan benih yaitu benih yang telah tenggelam dalam larutan tersebut. Setelah benih telah diuji direndam dalam air biasa selama 24 jam lalu ditiriskan dan diperam 2 hari, kemudian disemaikan pada media tanah dan pupuk organik 1 : 1 di dalam wadah segi empat ukuran 20 x 20 cm pipiti hingga 7 hari. Setelah sekitar 7 – 10 hari dari persemaian, benih padi sudah siap ditanam.

4 karung plastik beras laminasi cap ikan leopard kepala singa lele super Murah sahabatplastikindonesia.com (0811309339)

Pengolahan tanah
Pengolahan tanah untuk tanam padi metode SRI tidak berbeda dengan cara pengolahan tanah untuk tanam padi yang secara konvesional yaitu dikerjakan untuk mendapatkan struktur tanah yang lebih baik bagi tanaman, terhidar dari gulma. Pengolahan dilakukan dua minggu sebelum tanam dengan memakai alat bajak dari hewan, sebab hal ini dipercaya bisa menggemburkan tanah karena injakan dari kaki – kaki hewan tersebut, untuk memakai traktor tangan sebaiknya dihindari sebab ditakutkan ada bahan bakar yang yang bersebaran atau tumpah di area tanah. Permukaan tanah diratakan dengan tujuan untuk mempermudah mengontrol dan mengendalikan air.

Perlakuan pemupukan
Pemberian pupuk pada SRI memiliki tujuan untuk perbaikan kesehatan tanah dan penambahan unsur hara yang berkurang setelah melakukan pemanenan. Memakai sistem konvensional membutuhkan pupuk organik dengan banyak 10 ton per hektar dan bisa diberikan hingga 2 musim taman. Setelah kondisi tanah membaik maka pemberian pupuk organik dapat berkurang disesuaikan dengan kebutuhan. Pemberian pupuk organik dikerjakan pada tahap pengolahan tanah kedua supaya pupuk dapat menyatu dengan tanah.

Penanaman
Penanaman dikerjakan dengan jarak tanam 60 cm x 70 cm, populasi per 1000 m² 1.600 tanaman lahan efektif 70%. Sebaiknya cara penananaman padi hitam sebagai penghasil beras hitam sama dengan penanaman padi lainnya. Padi hitam membutuhkan banyak penyinaran matahari penuh tanpa naunga dan juga angin berpengaruh pada penyerbukan dan pembuahan.

Pengendalian hama
Untuk pengendalian hama pada padi hitam bisa dilakukan dengan menyemprotkan pestisida organik dengan dosis pestisida sekitar 3 – 5 cc per satu liter air, disemprotkan sebanyak seminggu sekali, bukan hanya pada saat terserang hama saja.

Iklan FP (2)

Pemeliharaan
Sistem tanam metode SRI tak membutuhkan genangan air yang terus menerus, cukup dengan kondisi tanah yang basah. Penggenangan dikerjakan hanya untuk mempermudah pemeliharan. Untuk pengelolaan air pada sistem padi organik bisa dilakukan sebagai berikut :

Saat umur 1 – 10 HST tanaman padi digenangi dengan ketinggian air rata – rata 1 cm, lalu saat umur 10 hari melakukan penyiangan. Setelah melakukan penyiangan tanaman tidak perlu digenangi. Namun untuk perlakuan penyiangan berikutnya, 2 hari sebelum menjelang penyiangan tanaman harus digenang. Saat tanaman berbunga, tanaman tetap masih digenang namun bila padi sudah matang susu tanaman tak perlu digenangi kembali hingga masa panen .

Pemanenan dan pengemasan
Saat memanen padi harus memperhatikan waktu yang tepat sebab hal ini juga akan mempengaruhi kualitas beras. Syarat – syarat panen 90 – 95 % gabah dari malai tampak kuning, malai berumur 30 – 35 hari setelah berbunga merata, dan kadar air gabah 22 – 26 % yang diukur dengan moisture tester. Setelah itu proses pengeringan, perontokan, dan penyelepan sama saat mengatasi padi pada umumnya. Kemudian untuk pengemasan sebaiknya gunakan kemasan karung beras yang memiliki keronggaan anyaman yang baik, anda juga bisa menambahkan merk dengan cara melaminasi karung bagian depan semenarik mungkin agar para konsumen tertarik dengan produk beras anda.

Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Karung Beras untuk pengemasan produk beras hasil panen dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service : 
Telp : 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, Jagung, karung, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s