Cara Menanam Padi Di Lahan Sawah Lebak | Karung Beras

Pertanian-Padi-di-lahan-pasang-surut-atau-lebak-foto-komunitas-budidaya-tanaman-Padi

Jual Karung Beras Best Quality – Lim Corporation

Proses penanaman padi di lahan sawah lebak bisa dikerjakan secara bertahap dengan memperhatikan kondisi dari genangan air yang ada, pada prinsipnya penanaman terlebih dulu dilakukan pada kondisi lahan yang genangan airnya sudah mulai berkurang, saat pemindahan bibit diusahakan bibit masih dalam kondisi segar untuk mengurangi terjadi stres pada tanaman. Bibit padi yang siap ditanam jika bibit telah mencapai ketinggian 20 – 25 cm dengan ketinggian 20 – 25 cm dimaksudkan penanaman dikerjakan pada waktu awal musim kemarau, atau telah berumur 20 – 30 hari di persemaian, jarak tanam yang dipakaikan dalam budidaya tanaman padi di lahan lebak 20 x 25 cm. Supaya tanaman dapat tumbuh seperti yang diinginkan, maka saat melakukan penanaman perlu di perhatikan hal – hal sebagai berikut.

Baca Juga:

Umur bibit 
Saat umur bibit telah mencapai 50 – 90 hari dan tinggi air di tanah lebak antara 30 – 40 cm dengan ketinggian ini dimaksudkan bahwa penanaman bisa dikerjakan pada musim hujan, maka bibit bisa segera di tanam, yaitu sekitar bulan juni.

Cara menanam
Penanaman dikerjakan dengan cara melubangi tempat – tempat yang akan ditanami dengan alat bantuan alat tugal , jarak tanamnya diatur 30 x 40 cm, dan setiap lubangnya ditanam 2 – 3 bibit. Bila dibandingkan dengan penanaman padi sawah, maka cara penanaman padi lebak sangat jauh berbeda, karena penanaman padi lebak sangat dipengaruhi oleh musim. Disini peranan musim sangat mutlak terlebih – lebih saat memulai tanam. Hal ini berhubungan dengan kebutuhan pengairan sawah.

4 karung plastik beras laminasi cap ikan leopard kepala singa lele super Murah sahabatplastikindonesia.com (0811309339)

Pemeliharaan
Dalam proses pemeliharaan ini yang perlu anda kerjakan terutama adalah penyiangan , pengendalian hama dan penyakit. Penyiangan bisa dikerjakan hingga 3 kali yaitu yang disiangi adalah rumput – rumputan serta tumbuhan air lainnya. Penyiangan umumnya dilakukan setiap 30 hari sekali. Penyiangan pertama di mulai saat tanaman berumur 30 hari setelah masa tanam. Pengendalian hama dan penyakit di tanah yang lebak sama dengan cara – cara yang dikerjakan untuk mengendalikan hama dan penyakit pada sistem padi sawah. Karena jenis hama dan penyakitnya pada umumnya juga sama.

Panen
Pemungutan hasil padi lebak umumnya dikerjakan hingga tiga kali, karena masaknya buah padi tersebut tidak serentak. Disamping itu juga untuk mengurangi hilangnya gabah yang diakibatkan rontok selama pemungutan masa panen pertama merupakan panen yang terbesar, panen ini umumnya dilakukan pada bulan September dan oktober. Sedangkan panen berikutnya merupakan panenan kecil. Saat proses padi dipanen , air diusahakan dalam keadaan macak – macak.

Iklan FP (2)

Untuk menentukan umur panen di lahan sawah lebak :
– Berdasarkan umur tanam. Pemanenan dilakukan berdasarkan umur tanaman sesuai dengan deskripsi varietas, sekitar 105 – 125 hari setelah masa tanam
– Berdasarkan kenampakan. Cara ini dilakukan dengan melihat warna – warna bulir padi yang sudah menguning dan daun bendera yang masih hijau atau mulai menguning
– Berdasarkan ketersedian tenaga kerja lahan sawah lebak sering terjadi kebanjiran saat memasuki proses panen. Di daerah ini umumnya sulit mencari tenaga kerja, sehingga penen dikerjakan jika tenaga panen telah tersedia, walaupun padi belum matang secara optimal.

Pasca panen
Perlakuan untuk pasca panen terhadap hasil kegiatan panen padi di sawah lebak meliputi :
– Pembangunan pondok hasil panen
– Pengeringan untuk hasil panen
– Penyimpanan untuk hasil panen
– Transportasi untuk hasil panen

Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Karung Beras untuk produk beras hasil panen dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service : 
Telp : 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, Jagung, karung, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s