Inilah Teknologi Penanganan Pasca Panen Padi | Karung Beras

124149_02373718122017_PAdi

Jual Karung Beras Harga Pabrik – Lim Corporation

Beras merupakan makanan pokok untuk masyarakat Indonesia oleh karena itu untuk anda yang seorang petani menjada kualitas beras agar tetap terjaga merupakan tujuan utama, oleh sebab itu penanganan pasca panen penting untuk dilakukan agar bisa mengurangi hasil sehingga produksi dan pendapatan petani bisa meningkat. Pasca panen padi merupakan tahapan kegiatan yang dimulai sejak pemanenan hingga siap untuk dikomsumsi atau siap untuk dipasarkan.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Teknologi penanganan pasca panen bisa membantu meningkatkan mutu gabah dan beras, supaya memiliki daya simpan dan daya guna yang lebih tinggi. Penanganan pasca panen padi meliputi semua kegiatan, perlakuan, dan pengolahan yang meliputi sebuah proses umur panen, pemotongan, perontokan, pengangkutan, perawatan, pengeringan, penggilingan, dan penyimpanan.

Baca Juga:

Umur panen dan pemotongan
Untuk mendapatkan gabah yang memiliki kualitas tinggi. Padi harus dipanen saat waktu yang tepat dan ditentukan oleh kadar air gabah, umur padi, dihitung sejak padi berbunga, Umumnya panen dikerjakan pada 30 – 35 hari setelah padi berbunga. Tanda-tandanya yaitu 95% mulai nampak kuning dan kadar air gabah berkisar 21 – 26% maka padi siap untuk di panen.

4 karung plastik beras laminasi cap ikan leopard kepala singa lele super Murah sahabatplastikindonesia.com (0811309339)

Perontokan
Perontokan memiliki tujuan melepaskan butir gabah dari malainya yang bisa dilakukan secara manual ataupun memakai alat dan mesin. Perontokan secara manual dikerjakan degan cara menginjak sambil melintir padi dengan kaki. Cara ini kurang efisien sebab membutuhkan waktu lama dan gabah yang tertinggal pada malai masih banyak sehingga akan memperbesar tingkat kehilangan hasil. Penggunaan sebuah alat perontok pedal thresher ataupun power thresher sudah banyak dipakai petani untuk merontokkan padi yang dipanen dengan sistem potong atas atau potong tengah. Pemakaian mesin perontok akan mempercepat proses perontokan dan
dengan cara ini tingkat kehilangan hasil pada saat panen bisa ditekan.

Pengeringan
Pengeringan gabah memiliki tujuan untuk menurunkan kadar air dalam gabah melalui proses penguapan air gabah dilakukan dengan cara melewatkan udara panas dan kering ke dalam tumpukan gabah. Bisa juga pengeringan dikerjakan dengan cara penjemuran yang memanfaatkan sinar matahari. Pengeringan juga bisa dikerjakan dengan mesin pengering buatan artficial dryer Pegeringan yang sering dikerjakan oleh petani umumnya dengan sinar matahari dan hanya sebagian kecil petani yang mengerjakan pengeringan dengan mesin pengering. Penjemuran Gabah dengan memanfaatkan sinar matahari.

Penyimpanan dan penggilingan
Pada saat penyimpanan gabah faktor lingkungan yang paling berpengaruh adalah suhu dan kelembaban udara. Sedangkan untuk faktor biologis yang berpengaruh yaitu hama gudang dan mikro organisme perusak biji – bijian. Hama gudang atau serangga dapat mengakibatkan susutnya bobot dan mutu gabah. Petani pada umumnya menyimpan gabah pada kadar air sekitar 16% dan kadar kotoran seitar 6%. Hal ini masih cukup baik kalau waktu saat menyimpannya hanya untuk 1 tahun di dalam lumbung. Gabah yang disimpan cukup lama akan membuat perubahan pada kadar air.

Gabah yang telah di simpan dalam penyimpanan bila akan di giling dikeringkan terlebih dulu sampai kadar air mencapai 12 – 14% setelah itu gabah yang baru dikeringkan tersebut di angin – anginkan terlebih dulu untuk menghindari butir pecah. Penggilingan merupakan proses untuk mengubah gabah menjadi beras. Proses penggilingan gabah meliputi pengupasan sekam, pemisahan gabah, penyosohan, penyimpanan. Teknologi penggilingan sangat menentukan sebuah kuantitas dan kualitas beras yang dihasilkan.

Teknik penyimpanan beras
Penyimpanan beras merupakan perawatan atau pengelolaan beras supaya tidak susut atau berkurang bobotnya, tidak menurun kualitasnya atau rusak, sampai beras tersebut diolah atau dimanfaatkan. Untuk merawat beras supaya tidak rusak maka perlu mempertimbangkan berbagai aspek antara lain kondisi mutu beras awal yang disimpan, alat pengemas, dan faktor lingkungan. Untuk Penyimpanan beras anda bisa menggunakan karung beras agar lebih praktis dan efesien, jika untuk menarik banyak pembeli anda bisa menggunakan karung beras laminasi sebab merk, warna, dan gambar pada karung beras juga berpengaruh pada minat beli konsumen.

Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Karung Beras untuk produk beras hasil panen dengan harga murah atau untuk lainnya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service : 
Telp : 031-8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, Jagung, karung, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s