Penanganan Pasca Panen Kedelai, Karung Beras Masih Menjadi Rahasia Bermutunya Hasil Panen Petani

kedelai

Produsen Karung Beras di Sidoarjo – Lim Corporation

Cara pemrosesan benih kedelai yaitu tahapan kegiatan yang dimulai dari pemanenan sampai dengan penyimpanan atau pemasaran. Teknik pemrosesan yang pas bisa membantu mengurangi kehilangan hasil dan bisa mempertahankan viabilitas benih kedelai jadi diperoleh harga jual yang tinggi.

Apabila ingin menghasilkan benih yang berkualitas tinggi, memperbaiki mutu fisik, mutu fisiologis, serta mutu genetik juga harus dilaksanakan ketika penanganan pascapanen. Yang paling utama yaitu menjaga mutu fisik dan genetik selama masa prosesing, sedangkan menjaga mutu fisiologis dilaksanakan ketika panen sampai penyimpanan bahkan sampai benih siap tanam.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Kehilangan hasil ketika budidaya kedelai umumnya masih tinggi. Hal ini diakibatkan karena benih kedelai gampang rusak dan cepat turun daya tumbuhnya, jadi memerlukan penanganan yang cepat, tepat serta teliti. Sebab itu tujuan dari teknik pemrosesan benih kedelai yaitu menjaga viabilitas benih kedelai supaya tetap sama seperti ketika waktu panen dan mengurangi kehilangan hasil pada semua proses kegiatan pascapanen yang dilaksanakan. Berikut beberapa teknik pemrosesan benih kedelai.

Baca Juga :

Waktu dan Cara Panen

* Pemanenan benih kedelai sebaiknya dilaksanakan ketika mutu fisiologis benih sudah maksimal, yang ditandai dengan warna coklat atau kehitaman pada polong sekitar 95% dan sebagian besar daun sudah rontok.
* Bila ingin memperoleh kualitas benih yang baik serta bisa memperkecil pecahnya polong ketika dilapangan, serta menghindari benih bercendawan, proses pemanenan benih kedelai sebaiknya dilaksanakan secepatnya apabila kadar air benih sudah di bawah 18% bb, sebelum terjadi pembasahan benih kembali oleh air hujan.
* Pemanenan bisa dilaksanakan dengan sabit tajam atau bergerigi dengan memotong pangkal batang. Cara panen ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan cara dicabut, karena cepat, bisa diterapkan dalam kondisi kering ataupun basah, Rhizobium tetap tertinggal dalam tanah dan berangkasan bersih dari tanah.
* Berangkasan kedelai hasil panen langsung dikeringkan di bawah sinar matahari dengan ketebalan 25cm selama sekitar 2–3 hari tergantung kondisi cuaca dengan memakai alas terpal plastik, tikar, ataupun anyaman bambu. Proses pengeringan dilaksanakan sampai kadar air benih mencapai sekitar 14%.
* Usahakan untuk tak menumpuk berangkasan lebih dari 2 hari karena bisa mengakibatkan benih berjamur, kusam serta bermutu rendah.

Perontokan

Berangkasan kedelai yang sudah kering dengan kadar air sekitar 14% perlu segera dirontokan. Tahap perontokan bisa dilaksanakan dengan cara manual ataupun cara mekanis.

Pada tahap erontokan harus dilaksanakan secara hati-hati untuk menghindari benih pecah kulit, benih retak, atau kotiledon terlepas karena akan mempercepat laju penurunan daya tumbuhserta vigor benih selama penyimpanan.

Sortasi

Benih hasil perontokan dibersihkan dari kotoran, seperti potongan batang, cabang tanaman serta tanah. Teknik pembersihan bisa dilaksanakan dengan cara manual yaitu ditampi atau secara mekanis yaitu dengan blower

Proses sortasi diperlukan untuk memperoleh benih yang ukurannya seragam dengan cara memisahkan sekitar 5% benih yang berukuran kecil. Tak hanya memisahkan benih yang ukurannya kecil, sortasi juga diperlukan untuk membuang biji yang menyimpang.

Pengeringan

Benih yang sudah bersih dan ukurannya seragam harus dikeringkan sampai mencapai kadar air sekitar 9%–10%.

Teknik pengeringan benih dilaksanakan dengan menjemur di bawah sinar matahari, dengan memakai alas terpal plastik atau tikar pada lantai jemur yang kering, dengan ketebalan sekitar 2-3 lapis benih. Benih yang dijemur harus dibalik setiap 2–3 jam supaya benih kering secara merata.

Usahakan jangan menyimpan benih dalam kondisi yang masih panas dalam karung tertutup karena benih sesudah dijemur perlu diangin-anginkan selama 30 menit untuk menyeimbangkan suhu benih dengan suhu udara ruang simpan.

Pengemasan

Benih yang sudah dikeringkan dikemas dengan memakai bahan pengemas kedap udara untuk menghambat masuknya uap air dari luar kemasan ke dalam benih .

Karung beras yang laminasi, transparan ataupun polos yang kapasitasnya 2kg atau 5kg dengan ketebalan sekitar 0,08mm cukup baik dipakai untuk mengemas benih kedelai sampai 8 bulan simpan pada kondisi ruang alami dengan kadar air awal sekitar 9%–10%.

Kemasan karung yang sudah berisi benih harus tertutup rapat dengan cara diikat erat memakai tali atau bagian atas kantong dipres dengan kawat nikelin panas atau sealer.

Penyimpanan

Untuk benih yang sudag dimasukkan dalam kemasan karung bisa disimpan dalam ruangan yang diberi alas kayu supaya kemasan tak langsung mengenai lantai.

Dalam tahap penyimpanan, benih harus terhindar dari serangan tikus atau hewan lain yang bisa merusak kantong kemasan ataupun benih.
Usahakan menyimpan benih dalam ruangan tersendiri dan tak tercampur dengan bahan bahan lain yang bisa mengakibatkan ruangan menjadi lembab.

Benih disimpan secara teratur, dipisahkan sesuai dengan varietasnya. Penyimpanan benih perlu ditata dengan rapi supaya tak roboh, tak mengganggu keluar masuknya barang yang lain serta mudah dikontrol. Pada setiap tumpukan benih sebaiknya dilengkapi dengan kartu pengawasan yang berisi informasi :
Nama Varietas
Tanggal Panen
Asal Petak Percobaan :
* Jumlah/kuantitas benih asal (pada saat awal penyimpanan)
* Jumlah/kuantitas pada saat pemeriksaan stok terakhir
* Hasil uji daya kecambah terakhir (tanggal, persentase daya kecambah)

Penanganan benih dengan teknologi pasca panen yang pas mulai dari panen sampai dengan tahap penyimpanan, diharapkan viabilitas benih bisa bertahan sampai 8 bulan dengan daya tumbuh lebih dari 80%.

* Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika Anda membutuhkan Karung Beras untuk pengemasan ketika pasca panen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp : 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in karung, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s