Cara Sukses Memperbanyak Jumlah Anakan Tanaman Padi

padi

Distributor Karung Beras di Sidoarjo – Lim Corporation

Salah satu kunci sukses keberhasilan dalam budidaya padi yaitu dengan memperbanyak anakan padi. Karena semakin banyak anakan produktif pada tanaman padi, maka akan semakin banyak bulir malai yang terbentuk dan ketika panen tentunya akan memperoleh peningkatan produksi yang sangat tinggi.

Nah, bagaimana caranya supaya jumlah anakan pada tanaman padi menjadi banyak? Berikut ini kunci suksesnya :

Membuat Media Yang Disukai Tanaman Padi

Buatlah lahan sawah menjadi media yang paling disukai bibit padi. Dengan tujuan, ketika dipindah tanamkan, bibit padi tersebut tak stres dan bisa langsung berkembang. Untuk tanaman padi muda sangat suka media tanam yang tekstur tanahnya gembur dan terdapat bahan organik yang tinggi serta tanah tersebut terbebas dari koloni jamur dan bakteri patogen.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Penanaman Bibit Padi

Ketika proses penanaman bibit padi, jangan tanam bibit yang sudah tua. Pilihlah bibit padi yang masih mempunyai umur muda, yaitu sekitar 10—15 hari sesudah semai. Karena, bibit padi muda bisa mengurangi stagnasi serta potensi untuk memproduksi anakan akan lebih banyak.

Berikan Unsur Hara Dengan Kandungan Phosphor

Berikan unsur hara yang mempunyai kandungan phosphor sedini mungkin atau sekitar 2 hari sebelum tanam. Unsur hara phospat bisa diperoleh dengan memakai pupuk anorganik. Pada tanah sebetulnya terdapat kandungan phospat yang cukup tinggi, tetapi unsur phospat yang terkandung di pupuk anorganik ataupun tanah tak bisa langsung terserap oleh tanaman karena unsur phospat terikat oleh tanah.

Memberikan Unsur Nitrogen Pada Fase Vegetatif

Pemberian unsur nitrogen pada fase vegetatif sangatlah penting bagi pertumbuhan tanaman. Unsur nitrogen juga berperan dalam membantu pembentukan anakan padi. Oleh sebab itu, ketika proses awal terjadinya pembentukan anakan padi, unsur nitrogen ini harus tersedia dan tak boleh terlambat.

Baca Juga :

Unsur nitrogen bisa diperoleh dari bahan sintetis seperti Urea atau sebetulnya di udara sudah terkandung unsur nitrogen yang tinggi, yaitu sekitar 78%.

Terapkan System Intermitten Untuk Pengairan Tanaman Padi

Proses pengairan yang wajib dilaksanakan yaitu dengan cara menerapkan sistem pengairan berselang yang memerlukan pengaturan kapan lahan digenangi dan dikeringkan atau disebut juga System Intermitten. Kerjakan pemberian air untuk tanaman padi secara berkala, diairi dan dibiarkan sampai tanahnya kering pecah rambut kemudian diairi lagi, sampai dengan seterusnya.

Jaga Jarak Tanam Padi

Pengaturan untuk jarak ketika proses penanaman janganlah terlalu rapat, apalagi jika tanahnya cukup subur. Walaupun anakan padi yang akan terbentuk banyak, tetapi bila jarak tanamnya terlalu dekat umumnya akan membuat anakan padi menjadi kurang produktif. Jadi, sebisa mungkin pakailah sistem tanam jajar legowo.

Berikan Pupuk Organik Cair Saat Padi Berumur 10 Hari Sesudah Tanam

Berikan pupuk organik cair ketika tanaman padi berumur 10 hari sesudah tanam dan diulangi setiap 10 hari 1 kali. Bakteri yang terkandung dalam pupuk organik cair bisa menghasilkan hormon tanaman, terutama lagi yang mengandung sitokinin serta giberelin.

* Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Karung Beras untuk wadah ketika panen atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, karung, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s