Budidaya Padi Organik Dengan Metode SRI Hasil Panen Melimpah, Kualitas Terjamin

Padi-Organik

Karung Beras Untuk Panen Padi – Lim Corporation

Cara budidaya padi organik dengan metode SRI atau System of Rice Intensification. Metode SRI yaitu inovasi dalam budidaya padi, dengan pemakaian metode ini, produktivitas padi bisa melimpah sampai 2 kali lipat.

Sekarang banyak orang yang memakai metode SRI untuk melaksanakan budidaya padi organik, karena metode ini mempunyai banyak keunggulan diantaranya yaitu akan lebih hemat air, lebih menghemat biaya, lebih hemat waktu, ramah lingkungan serta pasti produksinya akan meningkat juga. Budidaya padi ada 2 yaitu padi sawah dan padi gogo.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Cara Budidaya Padi Organik SRI di Sawah, Berikut Prosesya :

A. Pengolahan Tanah Lahan Tanam

Tanah pada lahan tanam diolah terlebih dulu dengan cara di bajak atau dicangkul. Pembajakan tersebut dikerjakan minimal sebanyak 2 kali yaitu untuk pembajakan kasar dan pembajakan halus yang diikuti dengan pencangkulan. Umumnya lama pengolahan lahan yaitu sekitar 2-3 hari. Apabila sudah selesai, maka selanjutnya lahan persawahan diairi dan direndam selama 1 hari.

B. Penyemaian Benih Padi

Pilihlah benih yang berkualitas baik dan unggul supaya hasil yang dipanen juga kualitasnya baik dan unggul. Sebelum benih disemai, benih telebih dulu direndam dalam air. Perendaman tersebut bertujuan untuk menyeleksi benih, benih yang akan dipakai yaitu benih yang tenggelam sedangkan benih yang mengapung dibuang kerena kualitasnya buruk.

Sesudah direndam dalam air, rendam kembali dengan latutan garam selama 24 jam, sama halnya dengan perendaman memakai air, biji benih yang mengapung dibuang. Sesudah 24 jam, biji benih tersebut ditiriskan kemudian diperam pada tempat yang lembab samapi bertunas selama 2-3 hari.

Apabila biji benih sudah bertunas, kemudian semaikan biji benih pada media tanah yang sudah diberi pupuk kompos sekitar 10kg. Apabila bibit padi sudah berumur sekitar 7-12 hari sesudah semai, benih bisa di pindah tanamkan pada lahan yang sebenarnya.

C. Penanaman Padi Organik

Sesudah perendaman tersebut, umumnya lahan dibuat jarak tanam atau disebut dengan pencaplakan. Jarak tanam yang baik dipakai untuk menanam padi organik dengan metode SRI yaitu tak begitu rapat, yaitu sekitar 25cm x 25cm atau 30cm x 30cm.

Sesudah jarak tanam siap dan bibit pun sudah layak tanam yaitu sekitar berumur 7-12 hari, segera laksanakan penanaman. Salanjutnya pada setiap lubang tanam ditanami 1 bibit saja dan penanaman tersebut jangan terlalu dalam supaya akar bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga :

D. Perawatan Tanaman Padi Organik Dengan Metode SRI

Perawatan pada tanaman padi organik dengan metode SRI yang paling utama yaitu ketersediaan air yang harus terus dijaga alirannya supaya lahan tanam tak tergenang. Laksanakan pengontrolan dengan membuka menutup pintu air secara teratur. Berikut panduan Cara Pengairan Tanaman Padi Organik Dengan Metode SRI :

Penanaman secara dangkal, tanpa digenangi air, mecek-mecek, sampai anakan berumur sekitar 10-14 hari.

Selanjutnya, laksanakan pengairan pada lahan tanam supaya menghambat pertumbuhan rumput dan juga untuk memenuhi kebutuhan air serta untuk melumpurkan tanah. Pengairan tersebut dikerjakan sampai tanah tergenang dan tak terkena matahari.

Sesudah tanaman padi berumur sekitar 1 minngu sesudah tanam tetapi tak ada pertumbuhan yang signifikan laksanakan pemupukan tetapi ketika akan melaksanakan pemupukan lahan dikeringkan dan galengan ditutup.

Ketika tanaman padi berumur sekitar 2 bulan dan tanaman padi sudah berbunga maka genangi kembali lahan tanam dan apabila sudah memasuki masa panen maka lahan keringkan kembali.

* Pemupukan

Pemupukan pada tanaman padi biasanya dikerjakan ketika tanaman berumur 20 hari sesudah tanam, umumnya pupuk yang dipakai yaitu pupuk kompos dengan dosis sekitar 175kg-200kg. Ketika akan melaksanakan pemupukan, lahan dikeringkan dan juga semua pintu air ditutup terlebih dulu. Sesudah tanaman berumur sekitar 27 hari sesudah tanam, lahan tanam di airi kembali secara bergilir antara basah serta kering.

* Penanganan Hama dan Penyakit

Hama serta penyakit yang sering menyerang tanaman padi yaitu burung, wereng, walang sangit, daun menguning, hama putih, kepik hijau, pengerek batang, penyakit bercak coklat, penyakit blast, busuk pelapah, penyakit hawar daun, penyakit fusarium, serta penyakit tungro.

Semua hama tersebut bisa diatasi dengan cara manual seperti pembuatan orang-orangan sawah, menyemprotkan pestisida hayati yang terbuat dari nanas , bawang putih serta gadung. Bisa juga apabila terlalu parah cabut dan bakar bagian tanaman yang terserang hama dan penyakit tersebut.

E. Pemanenan Padi Organik SRI

Tanaman padi biasanya mulai berbunga sesudah berumur 2-3 bulan dan bisa dipanen sesudah berumur 3,5 bulan-6 bulan tergantung varietas jenis padi yang ditanam. Padi yang sudah dipanen selanjutnya dijemur selama sekitar 1-2 hari kemudian disimpan atau dijual.

* Info selengkapnya mengenai harga Karung Beras klik DISINI

Jika Anda membutuhkan Karung Beras untuk pengemasan ketika pasca panen padi atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp : 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, karung, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s