Mengenali Beras Plastik Dengan Mudah, Ini Dia Caranya!!!

Begini-Cara-Mengenali-Beras-Asli-dan-Beras-Plastik-Jangan-Sampai-Salah

Beras yaitu bagian bulir biji padi ataupun gabah yang sudah dipisah dari sekam. Sekam diartikan sebagai “palea” bagian yang ditutupi dan sebagai “lemma” bagian yang menutupi.

Pada suatu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung ataupun digiling sampai bagian kulit gabahnya terlepas dari isinya. Bagian yang berwarna putih inilah yang disebut dengan beras.

Beras biasanya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi bisa tumbuh dengan tinggi sekitar 1m-1,8m. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang sekitar 50cm–100cm dan lebar sekitar 2cm-2,5cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang sekitar 5mm–12mm dan tebal sekitar 2mm–3mm.

Indonesia dijuluki sebagai negara agraris karena sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Di tambah lagi nasi merupakan makanan pokok yang utama rakyat Indonesia. Kebutuhan akan beras pun semakin bertambah tiap tahunnya. Kadang-kadang pemerintah harus melaksanakan impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Baca Juga :

Yuk Intip!! 5 Tanaman Yang Sangat Cocok Pada Musim Kemarau
Ini Dia Tips & Trik Budidaya Ikan Supaya Hasil Melimpah
Fungsi Penting Terpal Plastik Untuk Proses Pengeringan Gabah!!!

Selain itu, harga beras di Indonesia terkadang tak stabil. Hal inilah yang banyak membuat produsen beras nakal muncul. Pasti Anda pernah mendengar kabar tentang beras plastik yang banyak beredar di pasaran bukan? Padahal, nasi dari beras plastik ini sangat berbahaya sekali pada kesehatan manusia!

Plastik mengandung phthalate, bahan kimia yang bisa memengaruhi hormon serta menghambat fungsi reproduksi. Karena itu, apabila sampai mengonsumsi nasi dari beras plastik ini akan sangat berbahaya.

Yang membuat resah yaitu masyarakat sulit membedakan mana beras yang asli dan mana beras yang plastik. Untuk itu, Anda harus mulai mengerti dan mempelajari karakteristik beras plastik yang membahayakan kesehatan, yaitu:

  • Ambilah 1 sendok makan beras dan bakarlah dengan korek api. Apabila aromanya persis dengan ketika Anda membakar plastik, berarti beras tersebut bisa jadi mengandung plastik.
  • Panaskan 1 sendok teh minyak dalam wajan, kemudian cobalah menggoreng beras. Beras plastik akan mencair dan membentuk lapisan pada permukaan wajan.
  • Ambil 1 sendok teh beras dan tambahkan ke segelas air kemuian aduklah. Apabila terdapat beras plastik bercampur di dalamnya, beras tersebut akan mengambang pada permukaan air. Beras asli yang mentah tak akan mengambang, tetap di bagian dasar.
  • Rebus 1 genggam beras. Sesudah beberapa saat, lihatlah nasi mendidih. Apabila Anda melihat sebuah lapisan tebal terbentuk pada bagian atas wadah, bisa jadi itu karena pengaruh plastiknya.
  • Cara yang lain untuk menentukan apakah beras asli ataukah palsu yaitu dengan merebusnya selama 2 hari. Apabila Anda tak melihat jamur di atasnya, bisa jadi karena beras tersebut mengandung plastik. Beras plastik tak bisa membusuk.

Jika Anda membutuhkan Karung Beras untuk solusi pasca panen serta untuk pengemasan beras atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, karung, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s