Trik Jitu Atasi Panen Dan Pasca Panen Padi Gogo

MAKALAH BUDIDAYA PADI GOGO

Pemerintah telah melaksanakan berbagai upaya untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan kering atau lahan tadah hujan. Salah satunya yaitu, dengan budidaya padi gogo rancah.

Pada budidaya ini, kebutuhan air untuk tanaman sangat minim sekali. Selain itu, budidaya gogo rancah mempunyai beberapa keunggulan lainnya. Di antaranya penghematan tenaga kerja, baik ketika tanam maupun saat pemeliharaan sehingga sangat menghemat waktu. Benih juga bisa ditanam langsung pada lahan tanpa disemai dahulu.

Budidaya ini juga mempersingkat waktu tanam sehingga dapat meningkatkan IP Padi. Lahan tadah hujan yang biasanya ditanami 1 kali pun dapat ditanam menjadi 2 kali. Upaya tersebut dikerjakan dalam rangka memanfaatkan lahan tadah hujan.

Penanaman memakai Varietas Inpari 10, 42, dan 43. Panen perdana kegiatan tersebut dikerjakan dengan hamparan lahan seluas 25ha pada Varietas Inpari 10. Produktivitas yang dihasilkan cukup memuaskan, yaitu mencapai 6 ton setiap hektare. Jumlah tersebut mendekati potensi maksimal dari budidaya Varietas Inpari 10, yaitu 7 ton setiap hektare.

Baca Juga :

Gymnocalycium Kaktus Mungil, Miliki Bunga Yang Indah
Keuntungan Budidaya Belut, Yang Kaya Gizi Sekaligus Menjanjikan
Ini Tips Agar Sukses Budidaya Mangga Alpukat Dengan Pot

Berdasarkan sumber literatur dari Badan Litbang Pertanian, rata-rata hasil yang didapatkan dari varietas tersebut adalah 4,8 ton setiap hektare. Dengan demikian, hasil ini layak untuk didiseminasikan kepada petani lainnya yang mempunyai lahan kering atau lahan tadah hujan.

Inpari 10 merupakan salah satu padi jenis Varietas Unggul Baru yang mempunyai sifat tahan terhadap kekeringan, sedikit tahan terhadap hama Wereng Batang Coklat biotipe 1 dan 2, dan sedikit tahan terhadap Hawar Daun Bakteri strain III. Dengan sifat tersebut, memungkinkan produktivitas yang dihasilkan tetap tinggi meskipun varietas lain mendapat serangan hama yang merugikan.

Jika Anda membutuhkan Karung Beras untuk pengemasan pasca panen padi atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, karung, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s