Solusi Hasil Panen Kacang Tanah, Lebih Awet & Kuat

8732797_0e7224f0-908c-4ce9-85c6-14795bf19027

Kacang tanah sangat cocok jika ditanam pada tanah yang gembur dengan kandungan unsur hara yang lumayan, unsur hara yang diperlukan dalam budidaya tanaman kacang yaitu kalsium, kalium, pospat, serta nitrogen. Sinar matahari yang penuh juga diperlukan pada fase pergantian daun kacang tanah dan pembesaran buah.

Pemilihan bibit

Benih kacang tanah diperlukan pada sistem perkembangannya. Benih diperoleh dari kacang tanah yang ditinggalkan sampai tua sekitar 100 hari, dengan benih yang berwarna kehitaman dan waktu dibuka tak ada selaput dibagian dalam kulit kacang tanah.

Pemrosesan Tanah

Tanah harus digemburkan dahulu, terlebih dulu dipakai sebagai media perubahan kacang tanah. Penggemburan tanah dapat ditangani dengan langkah tanah dibajak hingga berubah menjadi butiran yang halus. tanah yang sudah dibajak ditaburi kapur sekitar 2 ton/ha, dan didiamkan sekitar 2 hari.

Pupuk yang dipakai dalam sistem budidaya kacang tanah bisa memakai pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang. Budidaya kacang tanah bisa ditangani dengan bedengan maupun tanpa bedengan. Masing-masing lubang pada tanah di isi 1 butir benih dengan jarak tanam sekitar 25 x 25cm.

Perawatan dan pemupukan

Jika kacang tanah telah tumbuh bersamaan setelah 1 minggu dan mulai berbunga pada umur 20 hari dan berlanjut sampai umur 75 hari.

Perawatan yang diperlukan ketika tanaman berbunga yaitu, pemberian pupuk tambahan. Sebaiknya berikan pupuk yang kaya akan zat fosfor, agar bisa berbuah banyak serta berkualitas. Selain itu, kerjakanlah penyiangan serta pembubunan tanah sampai menutupi akar, batang dan daun segi bawahnya. Hal tersebut bertujuan untuk memperbanyak biji.

Baca Juga :

Ini Dia Trik Jitu Budidaya Terong Di Musim Kemarau
5 Cara Jitu Budidaya Tanaman Bayam Di Pekarangan Rumah
Teknik Aquaponik Lele, Kreatif & Menguntungkan

Beberapa hama yang biasanya menyerang tanaman kacang tanah yaitu uret pemakan akar, ulat penggulung daun, ulat grayak, serta ulat jengkal. Tipe penyakit yang sering dilihat yaitu penyakit layu, sapu setan, bercak daun, dan penyakit karat. Cara mengatasi hama dan penyakit tersebut yaitu dengan mengolah tanah dengan baik, penggunaan pupuk kandang yang sudah matang, menanam secara bersamaan, penyiangan intensif, membersihkan dari gulma. Tanaman yang terserang penyakit dicabut, dibuang serta dimusnahkan, sanitasi lingkungan dan menanam varietas tanaman yang tahan serangan penyakit.

Waktu panen budidaya kacang tanah

Kacang tanah tersebut bisa dipanen bila sudah berumur 90 hari sesudah tanam. Tentang sinyal tanda fisik dari kacang tanah yang siap untuk dipanen salah satunya yaitu sebagai berikut :

1. Batangnya mulai mengeras
2. Daunnya mulai menguning dan berguguran.
3. Selain itu anda bisa mencoba mengambil contoh atau mencabut beberapa batang kacang tanah dan mengecek apakah bijinya sudah berisi penuh atau belum.

Penanganan Pasca Panen

Penanganan pascapanen adalah kunci paling penting untuk menghasilkan kacang tanah yang terhindar dari serangan virus Aflatoksin.

Penanganan pascapanen yang layak di antaranya dengan mengerjakan pemisahan biji utuh dan biji keriput serta biji rusak sebelum penyimpanan. Selain itu juga pemakaian jenis kemasan yang mampu meminimalis serangan virus A flavus menjadi faktor penting. Untuk pengemasan hasil panen gunakan karung beras agar lebih bagus dan lebih berkualitas.

Jika Anda membutuhkan Karung Beras untuk solusi pasca panen kacang tanah atau untuk yang lainnya dengan harga murah dan lebih awet tentunya silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in karung, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s