Terungkap!! Rahasia Sukses Budidaya Beras Merah

Beras merah adalah satu diantara product tanaman pangan yang bisa tumbuh bagus di lokasi Indonesia serta mengandung nutrisi yang tinggi hingga dengan cara prospek pasar, product beras merah organik mempunyai prospek yang bagus. Banyak riset yang menyebutkan kalau beras merah memanglah kaya kandungan nutrisi, salah satunya yakni protein, asam lemak tak jemu, beta sterol, isoflavon, saponin, Zn serta mevinolin-HMG-CoA. Oleh karenanya, beras merah yang dibudidayakan dengan cara organik adalah satu diantara bahan pangan yang bisa digunakan untuk perbaikan gizi orang-orang dan untuk menghindari beragam jenis penyakit. Sebagian langkah dalam budidaya beras merah.

1. Menyiapkan lahan

mengawalinya dengan bersihkan tempat dari tanaman pengganggu yang masihlah tersisa di tempat yang bakal anda pakai untuk budidaya. tahap selanjutnya yakni dengan menggemburkan tempat memakai bajak manual atau mesin pembajak/traktor untuk tempat persawahan yang luas serta memberi pupuk bokashi dan memberi kapur dolomite di tempat persawahan itu.

2. Pembenihan

Pembenihan bisa dikerjakan lewat cara semai, penentuan bibit padi merah unggul begitu utama , tetapi anda bisa lakukan seleksi lagi sebelumnya menyemai benih ketika merendam bibit. Bila ketika perendaman ada benih padi yang mengambang ambillah serta buang, hingga bibit yang anda semai benar2 bibit yang berkwalitas.

3. Penanaman

penanaman dikerjakan dimuka musim hujan. Anda bisa mulai menanam kurang lebih umur bibit meraih 21 hari. Sistem jajar legowo dapat Anda lakukan untuk mendongkrak hasil panen beras merah, dengan pola jarak 25cm 25cm 25cm 25cm 40cm arah utara selatan. Pada Arah Matahari terbit/timur barat minimum 20 cm bergantung keperluan anda.

*Baca Juga : Manfaat Beras Merah BagiĀ Kesehatan

4. Pemeliharaan

Pemeliharaan dalam budidaya beras merah dengan cara organik bisa dikerjakan dengan langkah yang biasanya anda kerjakan untuk tanaman lain. yakni pemberian pupuk pola organik, penyulaman, penyiangan, manajemen irigasi teratur sesuai sama keperluan tanaman, pengendalian hama serta penyakit dengan cara organik dan pemanenan.
Penyulaman bisa anda kerjakan saat tanaman berumur 1-3 minggu sedang untuk penyiangan bisa anda kerjakan dengan menyiangi rumput yang tumbuh di tempat tempat budidaya beras merah.
Penyiangan ini bisa anda kerjakan saat umur tanaman anda 3-4 minggu. pengendalian hama serta penyakit memanglah biasanya dikerjakan dengan pertolongan pestisida tetapi kita mesti memakai pestisida non kimia serta hal semacam ini anda kerjakan setiap 15 hari sekali. Sedang penyemprotan pupuk organik cair bisa diberikan tiap-tiap 5 hari sekali. Aplikasi pemberian pupuk cair serta pengendalian hama memakai pestisida organik yaitu selang 5 hari.

5. Pemanenan Beras Merah

Pemanenan Beras Merah mesti dikerjakan pada usia panen yang penuhi perrsyaratan seperti berikut :
a. 90-95% gabah mulai tanpak menguning
b. mulai berusia 30 – 35 hari sesudah berbunga rata
c. air gabah mengandung 22-26% cairan yang diukur dengan moisture tester

Pemanenan Beras Merah mesti memakai alat serta mesin yang penuhi kriteria teknis kesehatan, ekonomis serta ergonomis. Alat serta mesin yang dipakai untuk memanen Beras Merah mesti sesuai sama type Varietas Beras Merah yang bakal dipanen.

6. Pengeringan

Pengeringan adalah sistem penurunan kandungan air gabah hingga meraih nilai spesifik hingga siap untuk di proses/digiling atau aman untuk disimpan kurun waktu yang lama. Pengeringan beras Merah lewat cara Penjemuran,
Penjemuran adalah sistem pengeringan gabah basah dengan memakai panas cahaya matahari. untuk menghindar bercampurnya kotoran, kehilangan butiran gabah, mempermudah pengumpulan gabah serta membuahkan penyebaran panas yang rata jadi penjemuran mesti dikerjakan dengan memakai alas.

Pemakaian alas untuk penjemuran sudah berkembang dari anyaman bambu lalu jadi lembaran plastik/terpal serta paling akhir lantai dari semen/beton. di bawah ini langkah penjemuran gabah basah.

a. Langkah penjemuran dengan lantai jemur
lantai dari semen adalah alas penjemuran paling baik, Permukaan lantai bisa di buat rata atau bergelombang. 2antai jemur rata membuatnya lebih gampang serta murah.

b. Langkah penjemuran dengan alas terpal/plastik
Sebagian keuntungan pemakaian alas terpal/plastik yaitu ” Mempermudah pengumpulan untuk pengarungan gabah pada akhir penjemuran, Mempermudah penyelamatan gabah apabila pada saat penjemuran hujan turun seCara mendadak, Bisa kurangi tenaga kerja buruh di lapangan.a

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in beras, karung, Padi, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s