Macam-macam Sayuran & Buah Hidroponik Yang Bisa Anda Coba Di Rumah

Hidroponik merupakan salah satu metode budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Hal ini bertujuan untuk menekan pemenuhan kebutuhan mineral dan nutrisi pada tanaman sehingga tanaman bisa tumbuh dengan lebih maksimal.

Salah satu keunggulan menggunakan metode ini yaitu dimanapun tumbuhnya, tanaman akan tetap tumbuh dan berkembang dengan baik jika nutrisi air dan mineral yang dibutuhkan tanaman selalu terpenuhi. Lantas tanaman jenis apa saja yang bisa menggunakan metode hidroponik ini?

Dalam artikel kali ini, kita akan coba membahas mengenai berbagai macam tanaman sayuran dan buah-buahan yang bisa menggunakan metode hidroponik. Pada dasarnya hampir semua jenis tanaman bisa menggunakan metode ini, hanya saja hidroponik bukan sekedar yang penting tumbuh, tapi hidroponik mengusung konsep yang user friendly (mudah digunakan) dan mempunyai recurring (perputaran) yang cepat.

Untuk Anda yang masih pemula, silahkan baca di Cara Bertanam Hidroponik Sederhana di Rumah!!

Berikut jenis-jenis tanaman hidroponik yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah, diantaranya :

1. Sawi Hijau Hidroponik

Sayuran hidroponik sawi hijau termasuk yang mudah ditanam. Sawi merupakan sayuran yang tidak asing untuk kita. Kebutuhan pasar akan sawi terus meningkat seiring berjalannya waktu, sehingga membuat para petani untuk berpikir lebih
cerdas lagi. Salah satu upaya guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi saat menanam sawi adalah dengan menggunakan metode hidroponik.

Berbagai macam jenis sawi bisa Anda tanam menggunakan metode hidroponik, tapi yang paling gampang dan efisien adalah jenis sawi hijau. Pastinya jika ada cara yang lebih menguntungkan dan lebih mudah kenapa tidak dilakukan?

2. Sayuran Hidroponik Kailan

Sayur kailan ini mirip seperti sawi, akan tetapi tidak terlalu populer di dunia kuliner.
Kita lebih familiar dengan kangkung dan sawi. Kailan atau yang dikenal sebagai brokoli China ini memang bukan asli dari Indonesia, melainkan berasal dari china
seperti namanya.

 

Sayuran ini mempunyai daun dan batang yang tebal dan berwarna hijau. Bunga tanaman ini sering kali diolah menjadi berbagai masakan kuliner, terutama dengan cara ditumis.

3. Selada Hijau Hidroponik

Selada merupakan tanaman sayuran yang biasa ditanam di daerah yang memiliki iklim sedang maupun daerah tropis. Selama ini, selada hijau disebut-sebut sebagai rajanya salad karena dari segi tekstur memang sangat halus. Daun selada dikonsumsi secara mentah dan biasa ditemukan di dalam salad hamburger.

Permintaan pasar yang sangat tinggi menjadikan selada sebagai bisnis yang menjanjikan. Selain itu, selada juga sangat cocok ditanam dengan metode hidroponik ini. Hasilnya akan lebih bagus dan tentunya jauh lebih ekonomis.

4. Buncis Hidroponik

Tanaman buncis merupakan tanaman yang tidak asing lagi untuk kita. Buncis terkenal akan kandungan gizi yang sangat luar biasa seperti protein nabati, vit A, vit B, dan vit C.

Tanaman ini tidak terlalu sulit untuk ditanam. Karena itulah, banyak petani di Indonesia yang membudidayakannya.

Untuk memajukan efektifitas dan efisiensi, para petani sekarang menggunakan metode hidroponik.

5. Pare Hidroponik

Tanaman pare merupakan salah satu jenis sayuran yang merambat, warna buahnya hijau dan rasanya sangat pahit. Namun sayuran pare ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Pare ini memiliki kandungan yang sangat luar biasa seperti vit A, vit C, fosfor, dan zat besi.

 

Jika dibudidayakan dengan teknik yang pas, tanaman ini mampu memproduksi 10 kg pare dari setiap tanaman. Tanaman ini terbilang tanaman yang paling produktif jika dibandingkan dengan tanaman sayuran yang lainnya.

* Baca Juga : Produsen Dan Distributor Karung Beras Laminasi, Putih polos, Dan Transparan!!

6. Pakcoy Hidroponik

Tanaman pakcoy merupakan salah satu sayuran hijau yang masih sejenis dengan tanaman sawi. Bahkan tanaman ini dinamai sawi sendok karena memang bentuknya seperti sendok. Pakcoy biasanya dibuat sop atau sebagai garnis makanan.

 

7. Bayam Hidroponik

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang sering kali kita jumpai di berbagai tempat di Indonesia. Bayam memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa, tidak hanya vitamin tetapi bayam juga mengandung magnesium, kalsium, folat, protein, dan serat.

8. Timun Hidroponik

Timun merupakan salah satu sayuran yang kerap dibutuhkan di dapur. Timun bisa ditanam dengan berbagai metode. Akan tetapi metode yang lebih pas untuk menanam timun adalah metode hidroponik.

 

9. Kangkung Hidroponik

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia.
Setiap orang bisa memperoleh kangkung dengan membelinya di pasar atau bahkan dengan menanam sendiri. Karena pada dasarnya menanam kangkung ini terbilang sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

10. Brokoli Hidroponik

Brokoli adalah salah satu jenis tanaman mirip dengan kol dan mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya. Tanaman ini biasanya hidup di daerah dengan ketinggian 800 – 1000 mdpl. Namun seiring perkembangan teknologi, yang seharusnya brokoli hanya tumbuh di daerah dataran tinggi, namun sekarang bisa dikembangkan di dataran rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi brokoli adalah dengan menggunakan metode hidroponik.

* Baca Juga : Jual Berbagai Jenis Karung Plastik, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Laminasi (Laminating), Karung Cream/Kuning, dan Karung Bagor (Roll)!!

Lim Corporation

11. Tomat Hidroponik

Entahlah, ini masuk kategori buah atau sayur, kalau kata orang jawa sing penting
sehat. Nutrisi dan kandungan vitamin pada tomat ini memang luar biasa banyak. Tomat juga termasuk jenis tanaman yang mudah untuk ditanam menggunakan metode hidroponik.

12. Cabe Hidroponik

Pada prinsipnya, menanam cabe itu tidak perlu perawatan intensif seperti jenis-jenis tanaman hias secara umum.

 

 

13. Terong Hidroponik

Tanaman terong merupakan salah satu jenis tanaman yang biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan kuliner masakan. Penanaman terong pada dasarnya memerlukan lahan yang luas demi mendapatkan hasil yang melimpah.

 

Seiring berkembangnya teknologi pertanian yang semakin luar biasa, menanam terong sekarang bisa di lahan yang terbatas sekalipun dengan menggunakan sistem hidroponik. Dengan menanam terong hidroponik ini, dan tentunya dibarengi dengan perawatan yang rutin, maka Anda akan mendapatkan hasil yang berlimpah.

14. Strawberry Hidroponik

Strawberry merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin c. Pada umumnya, tanaman ini tumbuh di kawasan dataran tinggi. Tahukan Anda jika penanaman strawberry dengan teknik hidroponik ini akan mendapatkan hasil
buah yang lebih berlimpah?

 

Hal ini disebabkan apabila menggunakan metode hidroponik, tanaman dapat menyerap nutrisi lebih banyak, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya akan lebih maksimal.

Demikian pembahasan mengenai sayuran & buah hidroponik, Terima kasih & Semoga bermanfaat. Selamat Mencoba…..

Apabila Anda butuh Karung Beras, langsung saja hubungi admin CV. Lim Corporation :
085233925564 | 087702821277 | 081232584950.
Info daftar harga klik DISINI.
Info selengkapnya tentang produk kami silahkan klik DISINI.

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s