Teknik Jitu Mengendalikan Hama Keong Mas Pada Tanaman Padi

hama keong mas.jpg

Keong mas adalah hama yang selalu membuat para petani resah, oleh sebab itu untuk mengatasinya dibuthkan ketekunan dan kegiatan rutin yang harus dilakukan. Para petani membutuhkan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini. Hama keong mas bisa diatasi dengan berbagai cara yang mudah tanpa biaya. Namun ada juga beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam mengatasi hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya.

TEKNIK PENGENDALIAN
1. Mengumpulkan Telur dan Keong Mas
Pengambilan serta pengumpulan telur dan keong mas dikerjakan pada pagi atau sore hari telur keong mas.jpgdi tempat-tempat yang tergenang. Keong mas memiliki kebiasaan hidup di persawahan yang tergenang. Langkah tersebut sangat efektif jika dikerjakan secara dini, masal dan terus menerus. Keong dewasa yang dikumpulkan bisa dijadikan makanan untuk manusia atau ternak bebek sebab memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, sedangkan telur yang terkumpul dimusnahkan dengan membenamkannya ke persawahan sehingga telur-telurnya tidak akan menetas.

2. Membuat Penghalang Plastik Pada Persemaian
Dengan memasang plastik pada sekeliling persemaian dengan tujuan agar keong mas tidak bisa masuk ke dalam persemaian sebab keong mas lebih menyukai tanaman yang muda. Selain itu keong mas tidak dapat merangkak ke persemaian dikarenakan sifat plastik yang halus sehingga kesulitan untuk masuk kepersemaian. Pemasangan plastik harus sampai dasar tanah dan potongan kayu atau bilah ditancapkan di bagian dalam plastik maka keong mas tidak dapat masuk kepersemaian.

3. Mengerjakan Penyulaman Tanam
Di daerah yang endemis keong mas bisa dilakukan dengan cara melakukan penyulaman tanaman padi yang terserang. Dengan begitu tanaman padi tidak bolong bolong jadi pertumbuhan tanaman padi menjadi merata. Dengan demikian pada daerah yang endemis keong mas penggunaan benih lebih tinggi dari pada daerah yang non endemis keong mas.

4. Membuat Tongkat/Kayu Pada Tanaman Padi
keong sawah.jpgPada umumnya sikap keong mas bila bertelur di tempat yang tidak tergenang air atau kering di pertanaman padi, tongkat kayu atau galengan. Dengan sikap keong mas tersebut maka dilakukan pemasangan tongkat/kayu di areal persawahan dengan tujuan agar bisa merangkap keong mas saat melakukan peneluran. Lalu mengumpulkan telur-telur yang diletakkan di tongkat/kayu jadi dapat mempermudah dalam pengumpulan. Setelah telur dikumpulkan, telur-telur tersebut dimusnahkan dengan cara membenamkan ke dalam persawahan atau di kubur, jangan dibuang di saluran irigasi sebab akan mempercepat dalam penyebaran keongmas.

5. Membuat Parit-Parit Disekitar Persawahan
Sifat keong mas yang suka di tempat yang berair jadi dalam pengendaliannya dilakukan dengan cara membuat parit-parit di sekitar persawahan sehingga keong mas akan mengumpul di parit-parit tersebut. Sesudah mengumpul di parit lebih mudah untuk melakukan pengambilan keong mas. Dengan begitu keong mas yang terkumpul bisa dijadikan makanan manusia atau ternak.

6. Melepas Bebek
Bebek adalah binatang pemangsa keong yang cukup potensial, sehingga dapat dilepas secara berkala. Pada saat panen biasanya bebek dilepas untuk mengais rontokan padi serta memakan keong-keong kecil dan telur. Dengan begitu populasi keong bisa ditekan adanya pelepasan bebek dilahan persawahan.

Demikian langkah untuk mengendalikan hama keong mas pada tanaman padi, semoga artikel ini bisa menambah manfaat dan pengetahuan.

Karung Beras 2 (1).jpg

Melayani Pemesanan Karung Beras
Kami produsen karung beras, karung laminasi di Sidoarjo Jawa Timur. Kami melayani pemesanan karung printing & sablon dengan merk khusus/merk sendiri. Kami juga melayani kebutuhan karung putih polos, karung transparan. Info harga silahkan sms/call di 0877.0282.1277 – 0852.3392.5564. Info selengkapnya tentang produk silahkan klik saja disini DISINI.

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s