Cara Mudah Budidaya Jagung Dengan Metode Tanpa Olah Tanah

 

untitled17

Ada beragam jenis langkah untuk menanam jagung satu diantaranya dengan mengaplikasikan cara Tanpa Olah Tanah (TOT). Pengertian tanpa ada olah tanah sendiri disini yaitu langkah penanaman tanpa ada memperlakukan serta persiapan tempat seperti pembalikan dan penggemburan tanah terlebih dulu, cuma membutuhkan lubang untuk membenamkan benih dalam tanah. Di negara maju penanaman tanpa ada olah tanah telah hal umum serta umumnya memakai alat planter. Sedang di Indonesia umumnya cukup memakai tugal. Tugal juga dibutuhkan untuk melubangi permukaan tanah tempat benih ditanam

*Baca Juga Bertanam Padi Gogo di Tempat Tidur dan Tempat Tadah Hujan?

Perlu anda ketahui langkah menanam jagung tanpa ada olah tanah ini tak dapat diaplikasikan di semuanya type tempat. Cuma saja tempat yang mempunyai tingkat kegemburan yang tinggi serta spesifik saja yang pas untuk cara ini. Tanah yang keras tak dapat mengaplikasikan cara tanpa ada olah tanah. Umumnya cara tanpa ada olah tanah ini pas diaplikasikan pada tempat sawah, dan sisa tanaman padi yang barusan di panen. Dapat diaplikasikan di sawah tadah hujan ataupun pada sawah beririgasi tehnis yang menginginkan mengaplikasikan perputaran tanaman jagung. Jerami sisa tanaman padi juga begitu bermanfaat sebagai mulsa pada tanaman jagung.

tanam-jagung

Persiapan Lahan
a. Penyiapan Mulsa Jerami

Langkah pada persiapan yang pertama kalinya dibutuhkan yaitu pembersihan tempat. Bersihkan jerami serta bekas panen padi dari tempat lewat cara merajang atau mencacahnya. Lantas Lalu taburkan dengan cara rata diatas permukaan tempat. Jerami ini dapat bermanfaat sebagai mulsa untuk penutup tanah.
b. Penyiapan Drainase

Sediakan juga drainase pada tempat yang bakal dipakai. Drainase itu di buat berupa garis lurus dengan jarak pada ruas sekitaran 2 mtr.. Maksud untuk pembuatan drainase ini mempunyai tujuan untuk buang keunggulan air, lantaran tak ada pemrosesan pada tanah, seperti peninggian bedeng tanam. Serta Jangan pernah tempat terendam air.

c. Pembersihan Gulma

Gulma jadi aspek terpenting yang cukup mengganggu dalam cara tanpa ada olah tempat ini. Apabila tempat yang kita pakai telah ditumbuhi gulma baiknya aplikasikan juga pembersihan gulma lewat cara herbisida. Jika gulmanya cukup banyak serta begitu menggangu, pakai herbisida systemik yang dapat membasmi gulma sampai ke akarnya dan serangga lainya. Silakan pakai merk herbisida yang sesuai sama keperluan Anda serta keperluan tanaman anda serta pakai sesuai sama ukuran yang sudah disarankan. Sesudah 3 hari kemudain kontrol kembali tempat, apakah masihlah ada gulma atau serangga yang menyerang. Apabila masihlah ada gulma kerjakan lagi penyemprotan dengan cara berkala. Satu minggu sesudah penyemprotan herbisida, tempat siap untuk ditanami pada cara ini.

d. Pemupukan Serta Pengapuran

Apabila sisa tempat yang sudah dipakai kurang demikian subur, dapat ditambahkan untuk menambahkan pupuk organik. Bisa juga pupuk kompos atau pupuk kandang. Pupuk ditaburkan berbentuk larik, serta sesuai sama baris pada lubang tanam. Dosis pupuk organik itu untuk tanaman jagung sekitaran 1, 5-2 ton per hektar. Jika memang perlu dapat pula kerjakan pengapuran, lewat cara menyebarkan kapur sama juga dengan pupuk berbentuk larikan. Dosis pengapuran sekitaran 300-400 kg per hektar saja.

Bagian Penanaman
a. Penyiapan Benih

Pakai benih yang unggul serta mempunyai tingkat kesuksesan tumbuh kian lebih 95%. Penyiapan benih itu baiknya ikuti saran produsen benih. Untuk benih jagung yang tidak dari pabrikan, benih mungkin disediakan terlebih dulu lewat cara merendam terlebih dulu dengan insektisida. Gunannya supaya benih itu bakal terlindung dari serangan penyakit. Untuk benih yang di produksi pabrik umumnya sudah digabung dengan insektisida, penampilan benih umumnya bakal berwarna merah, hingga tak perlu untuk perendaman dengan insektisida lagi.

b. Penyusunan Jarak Tanam

Jarak tanam pada tanaman jagung dalam satu baris sekitaran 20 cm, sedang jarak antarA baris 70-75 cm. Apabila bedengan itu yang sudah di buat selebar 2 mtr., bakal ada sekurang-kurangnya 3 baris tanaman jagung dalam satu bedengan itu.

c. Penanaman

Penanaman benih mungkin dikerjakan dengan cara optimal satu minggu sesudah pemberian pupuk organik serta pengapuran. Lubang tanam di buat lewat cara tugal atau mesin planter. Kedalaman tanah pada lubang tanam sekitaran 3-5 cm. Kemudain Masukan 2 benih jagung dalam satu lubang tanam. Lantas Lalu tutup dengan dengan tanah. Serta janganlah lupa Sediakan juga tempat penyemaian benih dengan cara terpisah, fungsinya untuk menyulam tanaman jagung yang nanti tidak berhasil tumbuh. Supaya tanaman hasil sulaman mempunyai usia yang sama juga dengan tanaman yang sudah ditanam pada tempat itu. Check juga perkembangan benih sesudah 1 minggu. Lantas Lalu sulam benih yang tidak berhasil tumbuh itu dengan bibit yang sudah disemaikan pada tempat terpisah. Upayakan penyulaman dikerjakan dengan tanaman yang seumur juga.

d. Pemberian Pupuk Tambahan

Pemberian Pupuk penambahan dikerjakan paling banyak 2 – 3 kali dalam satu saat tanam bergantung dari tingkat kesuburan tanah serta type benih yang anda dipakai. Jagung hibrida umumnya memerlukan pemupukan yang semakin banyak juga dibanding dengan jagung umum. Type pupuk yang diperlukan tanaman jagung harus juga penuhi sebagian unsur N, P serta K. Unsur N dapat anda diperoleh dari urea, unsur P dari SP-36 serta unsur K dari KCl. Ukuran pupuk sebagai budidaya jagung berdasar pada saran Balitbangtan per hektarnya yaitu 350 kg Urea + 200 kg SP-36 + 100 kg KCl. Apabila anda kesusahan untuk memperoleh KCL, unusr K dapat anda diperoleh dari pupuk NPK yang ada. Dengan ukuran seperti berikut, 400 kg NPK 15 : 15 : 15 + 270 kg urea + 80 kg SP-36 untuk setiap saat hektarnya. Untuk frekwensi pemukan yaitu 2 x, berikanlah juga pada 10 serta 35 hari sesudah tanam (hst). Untuk sebagian frekwensi pemupukan 3 kali berikanlah pada usia 7-10 hst, 28-30 hst serta 40-45 hst.

karung-beras-4

Kami Pabrik & Distributor karung beras, karung laminasi, karung putih polos, karung transparan. Minimal order 5000lembar. Kami juga melayani pemesanan karung laminasi & sablon dengan desain Merk Sendiri minimal order 30.000 lembar per ukuran. Hub. 081232584950 – 085233925564.

*Jika Ingin Mengetahui Info Lebih Banyak Lagi Tentang Pertanian Silahkan Cek DISINI

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s