Teknik Budidaya Jambu Mete

buah-mete

Jambu mete membuahkan biji mete yang disebut komoditas ekspor yang begitu menjanjikan.
Jambu mete memiliki beberapa puluh varietas, salah satunya ada yg berkulit putih, merah, merah muda, kuning, hijau kekuningan & hijau.

Prasyarat Tumbuh

Supaya tumbuh dengan baik, jambu mete butuh ditanam di tempat dengan temperatur tinggi. buah jambu mete bakal berkembang dengan prima bila pada saat pembungaan, pohon tak terkena sangat banyak hujan. Dengan kata lain, kwalitas buah bakal terjamin bila pendewasaan buah berlangsung pada musim kemarau.

Jambu mete dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang begitu kering lantaran system perakaran yang menebar luas hingga air tanah dapat diraih dengan gampang. Untuk daerah kering dengan curah hujan 800-1000 mm per th., tanah dalam yang gampang dikeringkan dibutuhkan namun tanpa ada susunan yang tidak dapat dilewati oleh air.

*Baca Juga Strategi Berhasil Dalam Budidaya Sorgum
Budidaya Jambu Mente

Untuk memperoleh pohon yang baik serta dapat tumbuh optimal, pembibitan dikerjakan dengan pilih benih dari pohon jambu mete dengan kwalitas paling baik. Tetapi, benih yang di ambil dari pohon dengan system penyerbukan terbuka baiknya tak dipakai untuk kepentingan pembibitan.

Pembibitan Vegetatif

Untuk memperoleh bibit dengan kwalitas paling baik, perbanyakan baiknya dikerjakan dengan klon lewat sistem pencangkokan terlebih pencangkokan dahan. Perbanyakan dengan system penempelan mata tunas dan dengan system pengentenan pucuk dapat juga dikerjakan dengan tingkat kesuksesan yang cukup tinggi. Perbanyakan dengan stek dapat juga dikerjakan walau bibit yang dibuat tak demikian banyak hingga kurang dapat penuhi keperluan penanaman di lapangan.

*Untuk Update Karung Beras Silahkan Cek DISINI
Penanaman Benih

Tanah gembur bakal begitu dibutuhkan untuk sistem perkecambahan serta perkembangan tanaman jambu mete fase awal. Karenanya, langkah budidaya yang perlu dikerjakan yaitu dengan menggali lubang tanam pada tanah padat sedalam 50 cm yang lalu mesti ditimbun dengan tanah yang telah digabung dengan pukuk kompos atau pupuk kandang. Dalam satu lubang, tiga butir benih jambu mete ditanam dalam lubang tanam sedalam 50 cm. Dari tiga butir benih yang ditanam, satu diantara benih yang telah tersemai terbaik dipertahankan.
banner-waring-sayur-1
Penanaman Bibit Klon

Petani mesti memerhatikan kalau langkah tanam dengan bibit klon butuh di perhatikan dengan lebih cermat lantaran langkahnya sedikit tidak sama lewat cara tanam memakai benih.

Klon ditanam dengan jarak 12-15 m untuk memperoleh produksi buah yang optimal lantaran kanopi pohon jadi lebih luas. Akan tetapi, lebar optimal kanopi akan di pengaruhi oleh bibit dan kondisi iklim.

*Simak Artikel Berikutnya Panduan Budidaya Padi Organik Dengan Cara SRI
Pemeliharaan

Sesudah menanam bibit lewat cara tanam yang pas, hal setelah itu yang perlu dikerjakan yaitu lakukan penyiangan serta pembersihan gulma sekurang-kurangnya dengan radius 1 mtr. di sekitar pohon.

Pemupukan

pemupukan yang pas untuk mendorong prose perkembangan semaian dan perkembangan bunga pada umur yang relatif muda. Pupuk nitrogen beberapa 13 kg, P2O5 beberapa 4 kg, serta K2O beberapa 3 kg diperlukan untuk menghasilkan lebih kurang 420 kg buah geluk mentah tiap-tiap hektar penanaman jambu mete. Pemotongan cabang serta dahan pohon jambu mete juga butuh dikerjakan untuk menyebabkan perkembangan tunas yang bakal membuat kanopi tanaman.

Jika Anda Membutuhkan Karung Beras Dengan Harga Murah , Hub Untuk Pemesanan Di No : 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 www.karungberas99.com

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s