Strategi Berhasil Dalam Budidaya Sorgum

sorghum-the-next-big-gluten-free-grain

Sorgum adalah tanaman yang datang dari lokasi sungai Niger, Afrika serta saat ini Domestik Sorgum telah terkenal oleh petani Jawa, NTT serta NTB. Kita kerap mengetahui tanaman ini Cantel di Jawa yang kerap dipakai sebagai tumpangsari. Budidaya sorgum masihlah begitu terbatas di Indonesia bahkan juga belum sangat popular di mata orang-orang. Sorgum sendiri memiliki kandungan potensi besar manfaat diperkembang serta dibudidayakan dengan motif komersial lantaran daya adaptasinya yang begitu luas tahan dari hama serta penyakit dan berproduktifitas tinggi. Selain itu, tanaman ini dapat lebih tahan dari keadaan marginal (salinitas, tempat masam serta kekeringan).

Budidaya Sorgum : Persiapan Tempat sampai Penanaman

Pengelolaan budidaya sorgum bakal sukses dengan pemakaian paket tehnologi seperti unit pemrosesan dana pembudidayaan yang simpel oleh petani.
Yang butuh di ketahui yakni pemrosesan tanah. Langkahnya yakni dengan dibajak sejumlah satu sampai 2 x lalu digaru serta diratakan. Tanah yang bakal ditanami mesti bebas dari gulma lantaran perkembangan sorgum memanglah lambat yakni sekitaran 3-4 minggu. Dalam soal ini sorgum kurang dapat untuk berkompetisi dengan gulma. Mengenai untuk lebih sebaiknya sediakanlah sebagian saluran drainase.

slide1
Penanaman Sorgum

Biasanya budidaya tanaman sorgum ditanam sebagai kedelai, padi gogo atau palawija yang lain. Bila ditanam dengan monokultur bakal membuahkan 100. 000 sampai 150. 000 tanaman per hektar. Dalam soal ini jarak yang disarankan yakni 75 X 20 Cm yang mana ada 2 tanaman berlubang. Itu bila dilihat dari populasi tanamannya, lantas bagaimana bila dilihat dari langkah penanamannya? Pada saat penanaman, benih ditanam sekitaran 2 sampai 3 biji tiap-tiap lubang. Di beri penjarangan 2 tanaman tiap-tiap lubang yang dikerjakan sesudah berusia 2 minggu. Lalu, penyulaman dikerjakan dengan memakai biji atau perpindahan tanaman lama dengan tehnik putaran.

*Simak Juga Panduan Budidaya Padi Organik Dengan Cara SRI
Pemeliharaan Sorgum

Pemeliharaan juga mempunyai fungsi utama dalam budidaya sorgum. Satu diantaranya bisa dikerjakan dengan pemupukan dengan dosis, saat serta langkah yang pas. Pupuk yang paling utama di sini yakni pupuk nitrogen yang mempunyai dosis sampai 90 kg atau setara 2 kwintal pupuk urea untuk setiap hektarnya. Setelah itu yakni saat yang pas di mana pemupukan dengan pupuk Nitrogen baiknya dikerjakan 2 x. 1/3 sisi diberikan di waktu tanam berbarengan dengan semua pupuk K serta P sedang 2/3 nya diberikan waktu umur 1 bln. pasca tanam. Mengenai langkah pemupukannya yang pas yakni dengan menaburkan semuanya pupuk dengan cara menebar sedalam lebih kurang 1 cm.

Pada dasarnya dibutuhkan beberapa langkah pas untuk mengawali budidaya sorgum. Anda dapat mengerjakannya dari mulai pemrosesan tanah yang benar, penanaman yang pas, serta perawatan yang benar. Beberapa kiat tersebutlah yang bisa jadikan pegangan dalam budidaya tanaman sejenis sorgum.

Jika Anda Membutuhkan Karung Beras Murah . Info Update Harga Klik DISINI Pemesanan Hub Kami SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 Email: limcorporation2009@gmail.com
www.karungberas99.com

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s