Panduan Budidaya Padi Organik Dengan Cara SRI

lahan-padi

foto padi SRI

Budidaya padi organik ini banyak type serta caranya, salah nya ialah budidaya padi organik dengan cara SRI (Sistem of Rice Intensification). Mengenai cara SRI ini adalah satu diantara bentuk inovasi di dalam penambahan mutu serta kwalitas budidaya padi. Bahkan juga dibeberapa tempat yang sudah lakukan budidaya padi dengan cara SRI, rata-rata hasil produktivitas padi lebih bertambah 2 x lipat dari cara umum.

Cara SRI dalam budidaya padi ini telah lama dipakai oleh petani di semua dunia. Cara ini pertama kalinya diperkembang oleh seseorang Pastor Jesuit dari Prancis yakni Fr. Henri de Laulanie, yang cara itu sudah diperkembang di Madagaskar sudah sukses bikin beberapa petani padi jadi tahu bagaimana caranya menanam padi organik yang benar. Hingga hasil panen padi bisa bertambah 2 x lipat.

Jalinan Pada Cara SRI dengan Budidaya Padi Organik?

Dengan adanya banyak hasil riset serta praktik di beberapa negara. rata-rata mereka temukan kalau cara SRI ini sudah sukses menghimpit serendah mungkin saja input produksi.

Beberapa langkah Menanam Padi Organik Cara SRI

1. Step Penyemaian Benih
Untuk memastikan benih padi yang bagus mutunya yaitu dengan merendam di air, bila benih terbenam itu bermakna benih itu bagus, tetapi bila terapung, bermakna benih itu tak bagus. Sesudah memperoleh benih yang berkwalitas, jadi silakan anda semaikan benih padi itu dilahan lewat cara yang benar.

*Baca Juga Artikel Berikut Faedah Beras Organik

banner-fb-lim-corporation-1

Foto Produk Lim Corporation

2. Step Pemrosesan Lahan
Langkah memproses tempat untuk menanam padi dapat dikerjakan dengan cara tradisional serta moderen. Cara tradisional dapat dipakai cangkul, bajak sapi atau kerbau. Sedang cara moderen dapat memakai mesin bajak pertanian. Sistem pembajakan tempat yakni dengan membolak-balikkan tanah yang umumnya dikerjakan dengan 2 x bajak. Sesudah pembajakan yang ke-2 umumnya struktur lumpur bakal jadi lembut serta dapat dikerjakan penanaman padi.

3. Step Penanaman Padi
Sebelumnya padi organik ditanam, silakan buat dahulu jarak tanam padi. Untuk jarak tanam yang baik yaitu jarak tanam sesuai sama cara SRI, tidaklah terlalu rapat, dapat berjarak 25 x 25 cm atau dapat pula 30 x 30 cm. Sesudah anda usai bikin jarak tanam, langkah setelah itu yaitu lakukan penanaman padi, langkahnya tentu anda sudah mengetahui yaitu dengan memasukkan satu bibit pada satu lubang tanam. Baiknya penanaman janganlah sangat dalam, hal semacam ini agar akar dapat dengan leluasa bergerak.

4. Step Perawatan
Dalam budidaya padi organik cara SRI ini, step perawatan yang paling utama yaitu senantiasa melindungi aliran air supaya sawah tak tergenang terus-terusan. Langkahnya dengan cuma mengalirkan air saja, jadi sehari-hari beberapa petani mesti lakukan kontrol dengan buka serta tutup pintu air secara teratur.

5. Step Pemupukan
Untuk memperoleh hasil panen yang bagus, jadi mesti dikerjakan pemupukan pada tanaman padi. Sistem pemupukan padi organik umumnya dikerjakan sesudah padi berusia sekitaran 20 hari sesudah ditanam. Mengenai pupuk yang dapat dipakai yaitu pupuk kompos sekitaran 175-200 kg. Silakan kerjakan pemupukan dengan cara berkala, sesudah padi mulai berbunga, baiknya kerjakan lagi pemupukan.

6. Step Panen
Umumnya padi bakal mulai berbunga pada usia 2-3 bln. bulan, serta padi telah dapat dipanen rata-rata sesudah berusia sekitaran 3, 5 hingga 6 bln., hal semacam ini sesungguhnya bergantung dari type serta varietas padi yang ditanam. Bila benih yang berusia pendek, umumnya 3 bln. telah dapat dipanen.

Jika Anda Ingin Memesan Karung Beras Untuk Pengemasan Silahkan Hub 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com
www.karungberas99.com

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s