Langkah Budidaya Kacang Hijau Supaya Panen Melimpah

gambar-kacang-hijau

Kacang hijau atau dalam bhs latinnya yaitu Vigna radiate yaitu tanaman yang termasuk juga polong-polongan. Kacang hijau tumbuh serta di kenal di beberapa daerah tropis seperti di Indonesia. Dalam pemanfaatannya kacang hijau banyak dipakai sebagai bahan pangan penambahan lantaran kandungan protein nabati pada kacang hijau cukup tinggi.

Tehnik Budidaya Kacang Hijau

Persiapan Tempat Budidaya

lahan-budidaya-bayam
Langkah awal dalam budidaya kacang hijau yaitu menyiapkan media tanamnya. Kacang hijau termasuk juga tanaman yang budidayanya mempunyai persyaratan tanah sendiri. Type tanah paling baik untuk budidaya kacang hijau yaitu type tanah lempung berliat yang mempunyai banyak kandungan unsur organik didalamnya dan mempunyai system drainase yang baik. Tingkat keasaman pH mesti sekitar 6, 5-7, 0.

Budidaya kacang hijau bisa dikerjakan pada sisa tempat yang ditanami padi tetapi dengan kriteria kacang hijau harusnya ditanam sesudah 5 hari tanaman padi atau jagung dipanen. Tetapi buat anda yg tidak mempunyai tempat sisa padi atau jagung. Pemrosesan tanah untuk budidaya bisa dilakukukan lewat cara membajak tempat lewat cara mencangkulnya. Berikanlah pupuk kandang sebagai pupuk basic dalam budidaya kedelai. Biarlah tempat tanpa ada perlakuan apa pun sepanjang satu minggu supaya tanah bisa tercampur prima dengan pupuk kandang.

tahap selanjutnya yaitu buat bedengan dengan lebar 1 m tinggi 0, 5 m serta jarak antar bedengan yaitu 150cm sedang untuk panjan bisa sesuaikan luas tempat. Setelah itu buat lubang tanam 20 x 20 cm. Kacang hijau ditanam lewat cara tugal jadi pada buat 3 buah lubang tanam, satu lubang untuk benih serta dua yang lain untuk pupuk.

Persemaian Benih

Persemaian benih kacang hijau dikerjakan lewat cara membasahi benih kacang hijau dengan air lantas dikeringkan serta didiamkan sampai paling lama sehari sampai benih kacang hijau muncul kecambah.

Penanaman Bibit Kacang Hijau

Sesudah benih yang disemai sudah berkecambah jadi langkah setelah itu yang perlu dikerjakan yaitu menanam bibit itu pada lubang tanam. Masukan 2-3 bibit dalam 1 lubang tanam lantas tutup kembali bibit dengan tanah tidak tebal. Setelah itu masukan pupuk pada dua lubang yang lain serta tutup kembali dengan tanah. Siram lubang tanam dengan air seperlunya supaya tanah lembab.

Perawatan Budidaya

kacang-hijau-vigna-radiata-jurnal-pertanian-indonesia
Penyiraman
Pentiraman dikerjakan dengan lihat keadaan cuaca. Jika cuaca panas saat musim kemarau jadi kacang hijau mesti disiram palin tak 2 kali sehar pagi serta sore. Sedang apabila berlangsung hujan penyiraman bisa lihat keadaan tempat terlebih dulu, jika hujan berlangsung cukup lama serta bikin tanaman basah sekali jadi penyiraman tak perlu dikerjakan pada hari itu.

Penyulaman
Penyulaman mempunyai tujuan untuk ganti bibit yang mati atau tidak berhasil tumbuh. Penyulaman bisa dikerjakan saat tanaman sudah berusia 2 minggu, cermati dengan cermat keadaan tanaman yang tidak berhasil tumbuh atau perkecambahannya layu. Kemudian cabut tanaman itu serta ditukar dengan bibit yang baru.
*Simak Juga Artikel Berikut Budidaya Kacang Tanah Lewat Langkah Organik
Penyiangan Gulma
Penyiangan bisa dikerjakan satu hingga 2 minggu sekali. Penyiangan pertama dikerjakan berbarengan dengan sistem penyulaman supaya lebih efisien. Jagalah gulma supaya tak tumbuh di sekitar ruang pertanaman. Jika gulma tumbuh terlalu berlebih jadi yang bakal berlangsung tanaman kacang hijau tak memperoleh supply unsur hara yang cukup. Oleh karena itu penyiangan mesti dikerjakan dengan baik serta pas saat.

Pemupukan
Pemupukan susulan dikerjakan saat tanaman kacang hijau berusia 30 hari saat tanaman telah mulai berbunga. Pupuk yang dipakai yaitu pupuk Urea 60 kg/ha, TSP 100 kg/ha serta KCL 50 kg/ha. Pemupukan sendiri dikerjakan dengan memasukkan pupuk pada lubang pupuk yang sudah disediakan saat sistem persiapan tempat. Masukan bibit kelubang itu serta tutup kebali dengan tanah.

Pemanenan Kacang Hijau
pohon-kacang-hijau

Panen kedelai bisa dikerjakan saat tanaman sudah berusia 3-4 bln.. kacang hijau yang telah siap dipanen yaitu kacang hijau yang polongnya telah mulai jadi kering serta gampang pecah. Pemanenan kacang hijau bisa dikerjakan sehari-hari yakni saat pagi hari. langkah pemanenan sendiri bisa dikerjakan cuma dengan menuai polong kacang hijau.
Sesudah polong kacang hijau dipetik lantas dijemur sepanjang 5-6 jam pada matahari terik jika polong sudah betul-betul jadi kering lantas beberapa jam polong dengan kayu supaya biji bisa keluar. Setelah itu biji yang sudah keluar dimasukkan dalam karung serta siap di pasarkan.

Tersedia Berbagai Jenis Karung Beras Harga Ekonomis Minat Segera Hubungi Kami.Update harga SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com
www.karungberas99.com

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s