TATA CARA PENYIMPANAN, PENGEMASAN MAUPUN PELABELAN GABAH ATAU BERAS SECARA BAIK DAN BENAR

berkas-padi

Satu diantara langkah untuk menjaga supaya gabah atau beras tetaplah dalam kondisi baik sebelumnya di jual yakni dengan penyimpanan, pengemasan, serta pemberian label dengan cara baik, bobot tak susut, bau tak beralih, demikian pula warna serta aromanya.
Yang butuh diperhitungkan dalam perawatan beras yakni kwalitas beras, alat pengemas, serta aspek lingkungan.
Kekeliruan dalam lakukan penyimpanan gabah bisa menyebabkan terjadinya respirasi, tumbuhnya jamur, serta serangan serangga, binatang mengerat serta bahkan juga yang kerap kita alami yakni munculnya serangan kutu beras. Pastinya itu semuanya akan turunkan mutu gabah.
Penyimpanan beras ada 2 system yakni system curah (bulky) yakni penyimpanan tanpa ada memakai paket serta system paket (packing) yakni beras dikemas, umpamanya dalam karung, kantong plastik kemampuan 10 kg, 25 kg, 50 kg baru disimpan berbentuk tumpukan.
Rusaknya beras, bisa dikarenakan dari 2 aspek yakni :

Pembersihan serta penyiapan area untuk menyimpan.
1) Bangunan atau ruangan area untuk menyimpan gabah/beras mesti dibikin bersih. Serangga hama serta tikus sukai dengan tempat kotor.
2) Singkirkan serta bakar sampah (debu, gabah/beras lama/tua, jerami) dari area untuk menyimpan.
3) Keretakan serta lubang pada lantai, dinding serta atap bangunan harus diperbaiki. Tikus serta serangga suka masuk lubang itu.
4) Gunakan anyaman kawat untuk anti tikus serta burung
5) Perbaiki atap yang bocor supaya air hujan tak masuk
6) Bersihkan lingkungan tempat penyimpanan
7) Bersihkan wadah serta karung paket. Karung bisa disterilkan dengan air panas atau freezer.
8) Pakai pestisida cuma apabila begitu dibutuhkan serta ada SDM trampil.
9) Gunakan perangkap tikus bila bisa saja kemasukan tikus.

langkah paket, yang lalu disimpan dalam gudang terdapat banyak paket yakni :
1. dengan paket karung,
2. dengan kemsan plastik.
3. dengan paket yute.

Mengenai semasing langkahnya seperti berikut :

Lewat cara karung. Bila gabah bakal disimpan dalam karung, terdapat banyak segi yang butuh di perhatikan dari karung yang bakal dipakai untuk menaruh gabah itu yakni :
1. paket karung mesti bisa membuat perlindungan gabah dari rusaknya dalam pengangkutan serta atau penyimpanan.
2. paket karung tak bisa menyebabkan rusaknya atau pencemaran pada gabah yang disimpannya. Oleh karenanya bahan paket/karung serta karung tak membawa organisme pengganggu tanaman seperti serangga hama
3. paket karung mesti kuat, bisa menahan tumpukan serta membuat perlindungan fisik serta tahan pada goncangan dan bisa menjaga keseragaman. Menaruh dengan paket karung ada keunggulan serta kekurangannya. Keunggulannya diantaranya :
a. Lantaran karung itu berlobang-lobang kecil, hingga gabah yang disimpan tak mesti kering sekali, lantaran bisa diaerasi dengan cara alami ;
b. Karung bisa dipasang label serta di isi gabah dari beragam type hingga bisa disimpan dengan cara terpisah umpamanya gabah untuk benih disimpan dengan cara terpisah dengan gabah untuk mengkonsumsi ; dan
c. Karung gampang dipindah-pindahkan serta bisa disimpan dirumah, tidak butuh gudang spesial hingga lebih aman dari pencuri. Sedang kekurangannya yakni yaitu lantaran karung gampang rusak, jadi bisa disebutkan relatif mahal lantaran cuma dapat digunakan satu atau dua barangkali, selain itu juga tidak bisa membuat perlindungan dari ancaman air, serangga maupun hama tikus.

Mengenai langkahnya seperti berikut :

gabah kering giling
a) gabah yang bakal dsimpan dikeringkan hingga kandungan airnya 12 – 14% serta karung sebelumnya di isi gabah dibikin bersih serta disucuhamakan supaya bebas dari hama serta penyakit.
b) Gabah yang sudah kering itu dimasukkan kedalam karung yang telah bersih, tiap-tiap 2 minggu, check keadaan gabah, apa gabah itu jadi panas, bau, berkutu dsb.
c) Karung tempat pengemasan gabah janganlah di taruh segera di atas lantai atau melekat dinding gudang, hal itu untuk melindungi supaya gabah tak lembab. Jadi tumpukan karung mesti di atas pallet
d) Tumpukan karung supaya disusun dengan cara rapi serta usahakan ada aliran hawa yang baik.
e) Area untuk menyimpan gabah upayakan senantiasa bersih, aman dari serangga serta masalah yang lain.

Mengenai langkah memakainya :

a) Karung super dimasukkan dalam karung goni atau karung plastik yang umum dipakai untuk menaruh gabah/benih.
b) Isi karung super dengan gabah/benih kering. Bila di isi gabah, gabah yang disimpannya itu memiliki kandungan air kurang dari 14% tengah bila berisi benih, kandungan airnya kurang dari 12%.
c) Menghilangkan sebanyak-banyaknya hawa di atas gabah/benih dengan memperkuat ikatannya.
d) Tutup karung lewat cara memlintir sisi atas plastik, lalu lipat jadi dua. Setelah itu, ikat ujungnya dengan karet atau selotip yang kuat.
e) Tutup sisi luar karung dengan hati-hati supaya gabah/benih yang disimpannya itu tak menusuk atau bikin karung super IRRI bocor.

Sinyal tanda kalau gabah itu terserang jamur senantiasa diikuti oleh pelepasan panas hingga bisa di ketahui dari hasil pengukuran suhu butiran gabah. Jika perkembangan jamur begitu lambat, jadi panas yang dilepaskan nyaris tak ada.
Untuk mengecheck ada tidaknya serangan jamur dapat dikerjakan dengan menghimpun contoh gabah dari sebagian tempat dalam karton hitam, lalu dilihat dengan kaca pembesar daerah germinasi serta yang rusak pada gabah itu lantaran di bagian ini jamur bakal tumbuh serta tampak.

banner karung beras 3
Untuk menghindar/mengatur ada serangan jamur, upayakan kandungan air gabah yang disimpan 14% serta pisahkan gabah yang basah serta kering. Diluar itu, gabah yang disimpan dalam gudang, setiap saat di keluarkan serta dikeringkan untuk kurangi kandungan air gabah.
Upayakan kelembapan gudang area untuk menyimpan gabah tak jauh melebihi 70%. Untuk kurangi kelembapan gudang, buka pintu ventilasi gudang supaya hawa luar masuk dalam gudang, dengan prasyarat kelembapan hawa luar gudang lebih randah dari pada kelembapan hawa yang ada pada gudang. Untuk menghindar rembesan air hujan yang terbawa angin kedalam gudang, perbaiki pintu serta jendela yang sangat mungkin air hujan merembes dalam gudang.
Bila gabah telah terlanjur terserang jamur, pertama-tama keringkan kembali gabah yang disimpan itu. Pisahkan gabah yang terserang jamur itu sesuai sama tingkat perkembangan jamur serta lalu dikeringkan. Mungkin dikerjakan fumigasi dengan fungisida yang disarankan jika langkah lain telah tak efisien lagi.

*Baca Juga Langkah Pemupukan Padi

” LIM CORPORATION ” Menyediakan Segala Macam Merk Karung Beras , Antara Lain Karung Beras Laminassi , Karung Beras Transparan , Karung Putih Polos , Karung Warna Craam , Karung Kuning, Dengan Harga Yang Ekonomis. Minat Segera Hubungi Kami.Update harga SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277
Email: limcorporation2009@gmail.com
www.karungberas99.com

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s